Sep 24, 2015

Tetap Bersikap Rendah Hati

Tetaplah rendah hati dan kuat dalam menyikapi keberhasilan dan juga kegagalan. Sikap seperti ini bisa membuat kita bahagia dan sukses dalam waktu yang lebih lama. Jangan besar kepala saat kita mendapat keberhasilan atau sedang berada di posisi yang tinggi. Dan juga jangan bersikap lemah dan rendah diri saat kita mengalami kegagalan atau keterpurukan. 

Saat kita sedang dalam posisi tinggi, kita memang lebih mudah untuk merasa berbangga diri, merasa sudah lebih baik dari orang lain, ini juga bisa mendorong kita pada sikap sombong. Kita seolah lupa, bahwa sebenarnya keberhasilan kita juga merupakan ujian dari Allah. Keberhasilan seharusnya membuat kita jadi lebih baik, dengan semakin banyak memberi manfaat pada orang lain, semakin banyak bersyukur, serta semakin rendah hati.

Namun, sesukses atau setinggi apapun keberhasilan kita, kita juga tak akan luput dari ujian berupa kegagalan. Tak ada seorangpun yang sukses tanpa ia pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Justru kegagalan tersebut bisa membuat seseorang menjadi semakin sukses pada akhirnya. Sebab kegagalan itu berhasil disikapinya dengan baik. 

Kegagalan memang bisa membuat kita terjatuh dan melemahkan kita, serta mematikan semangat kita. Sebab, hanya orang-orang yang memiliki jiwa dan mental yang kuatlah yang mampu melewati kegagalan dengan baik. Mereka yaitu orang-orang yang menerima kegagalan dan tetap mensyukurinya, serta memandang kegagalan dari sudut pandang positif hingga mereka bisa melihat hikmah (pembelajaran) yang bisa diambil darinya.

Keberhasilan maupun kegagalan, keduanya akan memberikan manfaat jika kita bisa menyikapinya dengan baik.

Aku Rindu