Sep 24, 2015

Dipikir Dulu Kalau Mau Curhat

Wanita memang memiliki kecenderungan untuk lebih mudah curhat dibanding pria. Bukan hanya saat senang saja, kita begitu mudahnya menceritakan kebahagiaan kita, namun juga saat kita sedang sedih, kita kerapkali merasa 'harus' bercerita tentang hal-hal yang kita sedang alami tersebut. Ya, meski tak semua wanita seperti ini, karena ada juga wanita yang mampu menyimpan kisah-kisah dalam hidupnya dengan rapat tanpa harus curhat pada orang lain. 

Curhat bukanlah hal yang buruk selama kita menyampaikannya pada orang yang tepat, bukan dengan tujuan untuk menjelek-jelekkan orang lain, dan tak mendatangkan kemudharatan (kerugian) bagi kita maupun orang lain. Yang harus kita perhatikan di sini yaitu berpikirlah dulu sebelum kita akan curhat pada orang lain. Apakah ketiga hal tersebut telah terpenuhi? 

Pertama, tak semua orang bisa kita jadikan teman curhat, bahkan tak banyak jumlah teman curhat yang betul-betul bisa disebut sebagai teman curhat yang baik. Teman curhat yang baik adalah teman curhat yang benar-benar bisa dipercaya, serta bisa memberikan masukan yang obyektif dan positif. Jangan sampai setelah curhat pada orang lain, malah muncul masalah baru karena teman curhat tersebut tak bisa menjaga kerahasiaan cerita kita. Atau bisa juga setelah curhat, permasalahan kita malah makin 'panas' karena teman curhat memberi masukan yang subyektif (gak netral).  

Kedua, saat curhat, kita juga kadang melakukan itu hanya untuk mengeluarkan emosi kita. Akhirnya, yang keluar dari mulut kita sebagian besar berupa kekesalan kita pada orang lain. Tanpa kita sadari, hal ini membuat kita menjelek-jelekkan orang lain. Lalu apa yang kita dapat? Kelegaan yang semu. Emosi kita boleh jadi mereda, tapi dosa kita bertambah akibat keburukan yang kita lakukan. 

Terakhir, jangan sampai curhat kita mendatangkan kemudharatan. Tak semua hal bisa kita share pada orang lain, salah satu hal yang dilarang untuk kita menceritakannya pada orang lain yaitu urusan 'ranjang', ini benar-benar sebuah rahasia rumah tangga yang harus dijaga. Jika kita melakukan hal ini, tentu ini menjadi sebuah kemudharatan, sebab merupakan hal yang dilarang. 

Jadi, berpikirlah dulu sebelum curhat pada orang lain :) Sebaiknya, pilihlah Allah sebagai tempat curhat kita yang utama. Sebab siapapun orangnya yang kita jadikan teman curhat, pada akhirnya hanya Allah lah yang memberi jalan keluar atas segala permasalahan kita. 


Aku Rindu