Nov 4, 2015

Bener lan Pener

Bener adalah tentang syari'at, suatu hukum yang diciptakan untuk sebuah keteraturan dan keselarasan hidup.

Namun ada nilai yang lebih tinggi dari sebuah ke'bener'an, yaitu 'pener'.
Budaya jawa mengajarkan 'wong bener durung mesti pener,tapi wong pener mesti bener'.

Contoh, ketika aku rajin memberi sedekah disini secara syari'at aku sudah bener dan aku berhak dinamakan orang baik dan dermawan.

Tapi jika aku menceritakan kepada siapapun tentang sedekah itu, maka bener itu jadi batal,karena menceritakan tentang amal baik menyalahi kodrat keikhlasan, terlebih jika niatku bersedekah hanya untuk 'cerita', itu sudah menyalahi kodrat ketulusan.

Jika memang bersedekah, bersedekahlah dan lupakan amal itu,tak baik aku menceritakan tentang amal itu, dan kalau aku menceritakan hanya akan melukai perasaan yang aku sedekahi.
Astagfirullah......

Aku Rindu