Aug 2, 2015

Hidup Adalah Perjuangan

Hidup adalah perjuangan. Tentang mimpi-mimpi, tentang idealisme, tentang kenyataan, tentang kepastian, tentang ketenangan.
Sebagian orang rela menggadaikan apa yang ada di depan mata hanya untuk dianggap berjuang oleh sebagaian lain. Sedang yang lain rela memotong temalian mimpi untuk berjuang menghadapi kenyataan yang ada.

Apakah salah jika memilih satu diantara pilihan tersebut? Tak ada yang salah. Semua benar dalam takarannya. Apapun pilihannya bukankah sama-sama berjuang? Lihatlah apa yang sedang diperjuangkan selama hidupnya. Jangan pernah melihat pilihan dengan kacamata pengamat yang hanya bisa menelisik diluaran bukan maknanya.


Perjuangan bukan hanya diperjuangkan tapi memperjuangkan apa dan bagaimana. Sebab hidup tak bisa timpang memilih diperjuangkan atau memperjuangkan saja. Hidup haruslah seimbang antara keduanya. Maka, memperjuangkan hidup serta diperjuangkan hiduplah yang harus kita laraskan. Agar nanti bila ada kesenjangan kita bisa menengok sambil tersenyum jika hidup adalah perjuangan.

Aku Rindu