Aug 7, 2015

Cobalah Mengerti

Kita tidak pernah bisa meminta orang lain mengerti keadaan kita. Kadang kitalah yang harus mengalah. Hanya saja, ketika kita yang selalu mengalah, orang lain tidak pernah berusaha untuk mengerti keadaan kita.
Kadang begitulah hidup. Begitulah manusia. Masing-masing mengutamakan egonya.

Cukuplah melapangkan hati ketika orang lain tidak ingin mengerti keadaan kita walaupun kita sudah meminta, melapangkan hati untuk mengerti orang lain dan tidak berharap untuk dimengerti.

Tapi, setiap manusia perlu tau, ada kalanya lawan bicara kita berada dalam keadaan terdesak oleh masalah-masalahnya sendiri, ada kalanya lawan bicara kita sedang dalam emosi yang labil. Memang itu urusan lawan bicara kita mengenai bagaimana ia bersikap. Tapi, coba pikirkan, bagaimana kalau saat itu kitalah yang ada di posisi dia? Sebagai manusia, kita punya hati, punya akal. Akan lebih baik kalau kita mencoba memahami segalanya terlebih dahulu apalagi ketika lawan bicara kita tidak biasanya bersikap seperti itu.

Cobalah mengerti. Ketika manusia bisa saling mengerti dan memahami, pasti segalanya menjadi lebih nyaman, tentram, dan indah :)

Aku Rindu