Jul 4, 2015

Rumah, Ladang Pahala Bagi Kaum Wanita

Bagi seorang istri…

Segala keletihan dan kepayahan dalam mengurus rumah, mengasuh anak, melayani suami, memasak, mencuci baju, menyetrika dan selainnya.. Betapa ruginya jika semua itu hanya diniatkan karena kewajiban semata. Bahkan ada sebagian wanita yang menganggapnya sebagai beban. Padahal, jihadnya seorang wanita adalah di dalam rumahnya.

Di rumahnya, banyak ladang pahala terbentang. Tugas-tugas rumahtangga yang ketika semuanya itu diniatkan sebagai ibadah dan dilakukan dengan ikhlas mengharap wajah Allah, maka ganjarannya adalah surga.


Sekecil apapun hal yang kita lakukan, niatkan sebagai ibadah dan bentuk pengabdian terhadap keluarga. Maka ia akan terasa ringan, tidak memberatkan. Kita pun akan enjoy menjalankannya, karena kita melakukannya bukan semata hanya karena kewajiban, apalagi sebagai beban.

Selain itu, mengurus rumah dan segala kerepotannya dengan tangan sendiri, memberikan rasa yang berbeda di hati ini. Ada kepuasan tersendiri. Capek.. tapi happy, alhamdulillah. Dan bukankah dunia ini memang tempat untuk berjuang dan bersusah payah?

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah pernah ditanya:
“Wahai imam, kapankah waktu istirahat itu?”
Beliau menjawab: “(Istirahat yang sesungguhnya ialah) Pada saat engkau pertama kali menginjakkan kakimu di dalam Surga.”

Aku Rindu