Mar 29, 2015

Toto Kromo (Sopan Santun)

 Mungkin yang satu ini sudah banyak kita lupakan..sering kali kita angkuh berlagak seperti yang paling hebat tanpa melihat orang laen, diatas langit masih ada langit lagi.

Saya pernah mempunyai pengalaman ketika saya berbicara dengan orang yang lebih ‘tua’ dari saya, pertama kali orangnya bilang …

“sampeyan..badhe tindak pundhi..mbak.?”

[lho orang ini koq sopan ya ngomongnya.., padahal dia ‘lebih tua‘ daripada saya koq pake sampeyan.??]

Sopan santun atau istilahnya toto kromo dalam bahasa jawa, menurut saya adalah suatu tindakan atau perkataan untuk menghormati orang lain yang biasanya dilakukan untuk orang yang ‘lebih … ‘

Namun tak hanya kepada orang yang ‘lebih’ melainkan kepada semuanya baik itu tua, muda, laki-laki, wanita dll.. kita juga seharusnya sopan.

Kalau dalam bahasa jawa terdapat beberapa bahasa yakni ada kromo inggil, kromo alus, ngoko alus dll..mungkin sebagai bukti bahwa leluhur di jawa sangat menjunjung tinggi sopan santun (toto kromo)

Selama ini mungkin kita terlalu kebarat-baratan, mungkin sudah saatnya kita kembali ke jati diri kita dengan merundukan kepala.



Aku Rindu