Sep 18, 2015

Kegagalan Hal Biasa Dalam Hidup

Dunia selalu mempunyai tantangannya sendiri. Tidak ada kehidupan yang mudah, semuanya pasti ada rintangan dan kesulitan yang harus dihadapi. Rintangan, tantangan, dan semua kesulitan memang ada agar menjadi seleksi siapa yang memang pantas untuk mencapai kesuksesan. Orang-orang yang tegar, yang mampu bangkit dari kegagalan, mampu menghadapi kesulitanlah yang pantas untuk sukses.

Kegagalan adalah hal biasa dalam hidup. Semua orang pernah mengalami kegagalan. Yang membedakan antara satu orang dengan orang lain adalah apa respons atau jawaban atas kegagalan yang harus dihadapinya. Jika ia terlalu banyak merenung, meratapi, dan akhirnya hanyut dengan kegagalan dan masa lalunya, maka yang terjadi berikutnya adalah kegagalan itu akan membawanya pada jurang kegagalan hidup yang jauh lebih dalam.

Sebaliknya, jika orang mau belajar dari kesalahan yang terjadi, mau belajar dari kegagalan yang ia lakukan, ia akan menemukan cara-cara dan strategi baru menghadapi perkembangan zaman yang semakin pesat. Ia belajar bagaimana menghindari kesalahan sekaligus menghindarkan diri dari kegagalan di masa mendatang.

Belajar dari kesalahan masa lalu, bertekad bangkit dan menemukan cara baru mendapatkan kesuksesan adalah cara terbaik menyikapi kegagalan. Dengan demikian, sukses, gagal, naik, turun, hanyalah sebuah dinamika yang tidak perlu kita sesali berkepanjangan. Waktu terus berjalan, dan kita juga mesti melangkah ke depan lebih jauh lagi. Jangan pernah berhenti hanya karena satu kegagalan. 

Jangan terkejut bagaimana orang-orang jatuh ke dalam kesulitan, tetapi belajarlah bagaimana mereka bangkit dari kegagalan #PepatahArab

Aku Rindu