Jul 19, 2015

Memaafkan Mendamaikan Hati

Kelak, ketika ada hati yang terluka karena seseorang. Ketika kau telah terlalu kecewa bahkan untuk sekedar bertemu dengan seseorang. Ketika air matamu mengalir begitu saja mengingat apa yang telah ia ucapkan padamu. Ketika rasa perihmu mengalahkan rasa cintamu padanya.

Mungkin kau perlu melapangkan hati yang sempit, melapangkan dengan seluas-luasnya artinya memaafkan. Kau perlu memberikan pemahaman yang baik terhadap dirimu sendiri, hingga perasaan kecewa itu dikalahkan oleh pengertian. Kadang tak segala hal perlu kita tau sebabnya, ada kalanya kita hanya perlu menerima dan belajar banyak darinya.

Memaafkan bukanlah untuk orang lain, tapi memaafkan adalah untuk diri kita sendiri. 

Melepaskan segala rasa sakit dan kecewa, lalu setelahnya kau bisa berdamai dengan dirimu sendiri. Tentang orang yang melukai kau, ingatlah bahwa orang yang benar-benar mencintai tak akan pernah melukai kau dengan sengaja. 

Mungkin, obat dari lukamu adalah orang yang melukaimu. Mungkin, obat dari rasa kecewamu adalah orang yang membuatmu kecewa. Banyak hal di dunia ini yang tak pernah kita tau akan bagaimana akhirnya. 

Maka berdamailah dengan dirimu melalui memaafkan, maka kau akan temukan orang-orang yang tulus mencintaimu dan siap kau cintai.

Aku Rindu