May 14, 2015

Harga Diri Sebagai Kehormatan Diri

Apakah semua orang memiliki harga diri? Tentu saja semua orang memiliki harga diri, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Tidak memandang kaya, miskin, pegawai, petani, pedangang, dan sebagainya. Semuanya memiliki harga diri. Harga diri bisa diartikan sebagai kehormatan diri. Oleh sebab tiu, setiap orang tidak ada yang senang bila direndahkan dan dihina oleh orang lain.

Kadang sebagian orang mengaitkan harga diri yang tinggi dengan kesombongan. Sebenarnya harga diri yang tinggi bertolak belakangan dengan kesombongan, justru orang yang sombong adalah orang terhina dan memiliki harga diri yang rendah. Harga diri adalah suatu nilai yang terdapat dalam diri dan di bangun atas dasar nilai-nilai positif. Seseorang di nilai memiliki harga diri tinggi ketika ia selalu memberikan nilai tambah dalam dirinya. Pengertian harga diri yang sebenarnya adalah suatu tingkatan di mana anda menghormati diri anda dan menganggap diri anda penting, yang sangat berharga. Orang yang memiliki harga diri tinggi benar-benar menghormati dirinya dan hidupnya. Ia benar-benar merasa dirinya baik dan mampu berusaha menjadi orang yang paling baik sebisa mungkin.

Harga diri bisa jadi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup anda. Harga diri bisa menunjukan performa anda dalam hal apapun yang anda lakukan. Harga diri bisa menunjukkan karakter anda , tingkat antusiasme, vitalitas dan daya tarik. Harga diri menunjukan bagaimana keteguhan anda menghadapi naik turunya hidup. Harga diri menunjukan seberapa besar ketentraman hati dan kematangan jiwa yang anda miliki. Harga diri bagaikan sumber energi yang terpancar dalam diri anda yang menjadi generator dalam tingkah laku dan kebiasaan personal. Seseorang yang memiliki harga diri yang tinggi akan cenderung positif, lebih di sukai, dan lebih efektif dalam setiap bagian dari hidupnya.

Membangun harga diri yang baik perlu jiwa yang baik. Jiwa adalah sumber dari perilaku.  Seseorang akan memiliki harga diri yang tinggi jika memiliki prilaku dan tutur kata yang baik. Setiap orang harus memiliki harga diri yang baik. Dengan memiliki harga diri orang itu akan dapat menjaga kehormatannya. Agar dapat menjaga harga dirinya, seseorang harus memiliki sifat-sifat dan perilaku yang baik. Segala sesuatu yang anda perbuat dan pikirkan akan memiliki dampak pada harga diri anda. Maka tugas anda adalah bagaimana untuk menjaga harga diri agar terus meningkat dengan penuh nilai-nilai positif dalam diri. Dengan memiliki rasa malu akan mencegah seseorang berbuat kesalahan.

Oleh karena itu, untuk membangun nilai diri anda yang baik, maka perlu beberapa hal yang harus dijaga, ditingkatkan dan di tinggalkan. Hal yang harus dijaga dan ditingkatkan adalah nilai-nilai positif dalam diri anda, sedangkan yang harus ditinggalkan adalah segala hal negatif yang menjadi benalu hidup anda.

Setiap manusia diberi anugerah oleh Allah dengan beragam kelebihan. Hanya mereka yang bisa mensyukuri anugerah Allah dengan cara menghargai diri sendiri akan memperoleh derajat yang lebih tinggi. Karena menghargai diri sendiri, akan memberi pengaruh terhadap diri sendiri dan masyarakat.

Aku Rindu