Oct 31, 2015

Masalah

Mengapa masalah yang kita hadapi dalam hidup ini terasa berat dan sulit keluar darinya? Kita ingin lepas dari masalah. Namun lucunya kita seringkali enggan melepaskannya.

Kisah dari Afrika


Ada teknik unik nan sederhana untuk menangkap monyet di Afrika tanpa dengan membunuh atau melukai monyet tersebut. Yakni hanya dengan sebuah toples dan kacang.


Bagaimana caranya? Toples yang berleher panjang dan sempit diisi kacang-kacang yang beraroma wangi, sehingga akan menarik penciuman monyet-monyet. Kemudian pada sore hari toples itu di tanam dalam tanah dan hanya menyisakan mulut toples di permukaan.


Monyet yang tertarik akan segera memasukkan tangannya untuk meraih kacang yang ada di dasar toples. Apa yang terjadi? Ketika monyet yang sudah berhasil meraih kacang-kacang dalam genggamannya tak bisa mengeluarkan tangannya. Sebab terhalang oleh kepalan tangannya sendiri.


Ketika monyet itu semakin berusaha untuk mengeluarkan tangannya semakin kuat pula menggenggam kacang-kacang dalam genggamannya. Tentu saja hal ini semakin menyebabkan monyet tersebut untuk mengeluarkan tangannya.

Padahal mudah saja monyet itu lepas dari jebakan itu. Yaitu dengan melepaskan kacang yang ada dalam genggamannya. Kenapa hal yang begitu mudah monyet itu tak mau melakukannya? Sungguh bodoh, bukan?


Bisa saja kita menertawakan peristiwa ini. Masalahnya. Bukankah kita sendiri juga seringkali melakukan hal yang sama?


Menggenggam Masalah


Ya, kita bukan hanya menggenggam masalah hidup yang membebani kita. Tetapi membawanya ke mana-mana. Bahkan ke pembaringan dan mimpi. Berapa banyak di antara kita yang tak bisa memejamkan mata dan bisa tidur nyenyak? Sebab ada masalah yang menjerat.


Yang kerap terjadi ketika masalah datang, alih-alih kita berusaha mencari penyelesaiannya. Kita malah terjebak dalam masalah dengan hanya memikirkannya. Semakin kita memikirkan, masalah itu semakin membebani.


Tak sedikit yang stres dan masuk rumah sakit jiwa. Bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya karena tak kuat menanggung beban masalah. Begitulah realita yang ada.


Melepaskan Masalah


Kita memang kerap mempersulit diri sendiri dalam hidup kita. Masalah yang sebenarnya mudah menyelesaikannya, malah kita buat menjlimet. Kita hanya berputar-putar memikirkan masalah yang ada tanpa penyelesaian.


Seperti halnya yang terjadi pada monyet yang tangannya terjebak dalam toples. Apabila rela melepaskan kacang dalam genggamannya, maka dengan mudah akan bisa meloloskan diri.


Begitu juga dengan kita bila rela melepaskan masalah hidup kita pada tempatnya, maka kita tidak akan terbebani dan bisa tidur nyenyak.


Orang bijak mengatakan, janganlah membuat masalah semakin bermasalah. Tetapi jadikan masalah yang ada membuat kita semakin cerdas dan bijak dalam menyelesaikan masalah.

Aku Rindu