Oct 30, 2015

Tidak Cukup Hanya Menjadi Baik Saja


Manusia tidak cukup hanya menjadi “baik” kepada sesama, untuk mencapai akhirat dengan selamat.
Manusia tidak cukup hanya dengan “kaya” bisa menjadi aman dan selamat kehidupan duniawi nya.

Sungguh, manusia itu juga perlu ‘iman” untuk mencapai aman, tenteram dan barokah. Bukan hanya ‘iman’, yang percaya adanya sang pencipta, pada Allah saja, tetapi yang diiringi  dengan memenuhi dan menjalankan kewajiban-kewajiban, syariat-syariat, dan batasan-batasan. Selain percaya pada Allah, percaya atau iman juga kepada lima yang lain seperti diatur dalam Rukun Iman bagi kita semua sebagai muslim. Plus syariatnya Rukun Islam, lantas diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau kita mengkaji tentang agama lebih jauh, ternyata menjadi orang baik saja tidak cukup untuk membuat kita bisa masuk surga. Kita tidak akan berdebat tentang niat dan andai surga-neraka itu tidak ada.


Mari kita pahami, selain kita menjadi orang baik kita diminta untuk beriman dan bertaqwa. Kebiakan kita selama ini bisa menguap karena shalat kita yang jarang. Segala hal yang kita bangun dengan kebaikan bisa hilang tanpa penghitungan sama sekali ketika kita tidak beriman.

Maka, pekerjaan rumah kita ternyata tidak sedikit. Selain menjadi orang baik, kita harus juga meningkatkan upaya kita untuk menjadi orang yang semakin beriman dan bertakwa. Sementara ujian keimanan dan ketakwaan itu akan terus menerus naik tingkat seiring bertambahkan keimanan dan ketakwaan.

Dengan begitu luar biasanya tugas kita selama hidup, upaya kita untuk meraih ridha-Nya, dan segala hal demi mendapatkan tempat di sisinya. Semoga kita semakin ikhlas menjadi seorang hamba.

Aku Rindu