Aug 19, 2015

Setiap Orang Akan Menemui Masalah

“Kalo gak mau ada masalah, jangan hidup!!”
Begitulah kira-kira yang pernah saya dengar dari sesepuh. Meski terdengar bercanda, tapi saya bisa mengambil banyak hal dari ucapan yang terlontar itu. Hmmm menarik memang membahas mengenai masalah ini.
Masalah atau yang disebut juga problem (sama aja :D ) nyaris setiap saat menghampiri kita bukan? Ya, siapa sih di dunia ini yang gak punya masalah? Kita semua tentunya sepakat bahwa hal yang satu ini nyaris tak pernah lekang dari keseharian kita.

Masalah itu bisa bermacam-macam. Tergantung jenis dan tempat dimana masalah itu terjadi hehe dan yang paling utama tergantung dari bagaimana si pelaku atau yang mengalami permasalahan itu memandang masalahnya. Hmm bingung kan? Saya juga bingung hehe...

Suatu kejadian atau peristiwa bisa dikatakan masalah jika orang yang mengalaminya itu menganggapnya sebagai suatu masalah, yang harus ia selesaikan dan tak jarang kebanyakan orang beranggapan bahwa yang namanya masalah itu harus dihindari dan jangan dicari-cari, kenapa? Karena berusaha dihindari aja dia bakalan ada, apalagi kalo dicari-cari tuh? :D *abaikan*

Setiap manusia akan menemui masalahnya masing-masing. Setiap orang akan mengalami permasalahan hidup yang beragam. Setiap permasalahan yang datang tak jarang membuat kita sebagai manusia menjadi lemah dan berputus asa, padahal Allah berfirman :

“….dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yg kafir.” (Qs. Yusuf : 12)

Tuh kan, jangan berputus asa. Mengapa? Karena setiap masalah yang ada itu pasti ada jalan keluarnya, pasti ada cara penyelesaiannya. Allah tidak mungkin menimpakan suatu permasalah pada hamba-Nya tanpa adanya solusi. Dan satu-satunya solusi paling baik dan petunjuk mencari jalan keluar itu ya tiada lain dan tiada bukan ; Al-qur’an.

Saat menemui masalah hidup, kita sebagai manusia kadang suka terlalu lebay ya. Merasa diri paling sengsara, paling patut dikasihani dan paling merana. Padahal jika kita lihat sekitaran kita, banyak sekali orang yang masalahnya jauh lebih berat dari masalah yang tengah kita hadapi. Banyak orang yang beban masalahnya jauh lebih berat dari beban permasalahan kita.

Saat menemui masalah apapun, yang pertama kita ingat dan cari pasti manusia. Ya, kita mencari teman-teman kita untuk curhat padahal teman kita juga pasti punya masalah yang bahkan mungkin lebih berat dari kita. Manusia mana sih yang gak punya masalah?

Ya, saat punya masalah kadang kita lupa siapa yang pertama dan yang paling utama harus kita cari. Kita lupa pada siapa harusnya kita mengadu dan bercerita. Kepada siapa? Tentu nya kepada Allah , karena Allah Yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu yang terjadi pada diri kita dan Allah juga lah Yang Maha Penolong bagi hamba-Nya. J

So, buat kita yang sedang dihadapkan pada masalah. Kurangi keluh kita pada manusia. Kurangi curhat kita pada manusia. Jangan terlalu banyak mengeluh, karena yang punya masalah kan bukan hanya kita. Setiap orang akan menemui masalah, maka tersenyumlah dan katakan pada masalah kita. “Masalahku boleh besar, tapi aku punya Allah Yang Maha Besar” ^_^

Aku Rindu