Aug 20, 2015

Hal Yang Terbaik Dari Dirimu Sendiri


Manusia itu memiliki dua sisi. Sisi baik dan sisi buruk. Kadang manusia berada diantaranya. Ada yang bisa mengoptimalkan sisi baik, ada juga yang mengoptimalkan sisi buruk. 

Pernahkah kita merasa bahwa ada satu titik dalam hidup yang pernah kita jalani, kita berada di posisi terbaik dari diri kita sendiri? Kita menjadi orang yang sabar, kita menjadi orang yang sangat tekun dan rajin, kita sangat bahagia, kita begitu leluasa? Adakah? Bila ada, coba ingat-ingat sebab apa kita menjadi seperti itu.

Begitu pula dengan posisi terburuk. Hidup manusia itu kayak detak jantung, tidak pernah lurus. Selalu naik turun. Kita semua pernah menjadi versi terburuk dari diri kita sendiri. Marah, kecewa, malas, dan apapun itu. Bila ada, coba ingat-ingat sebab apa kita menjadi seperti itu.

Hari ini dan seterusnya. Kita akan berupaya untuk menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri. Ini tidak sama dengan “tidak menjadi diri sendiri”. Karena kita tidak meniru orang lain. Kita tidak sedang berusaha melampaui orang lain. Tapi, kita sedang berusaha melampaui diri kita sendiri.

Entah sebab pertemuan dengan seseorang yang tepat, entah sebab mengalami titik balik, entah sebab apapun. Kita percaya bahwa kita tidak diciptakan tanpa kelebihan, tanpa hal-hal terbaik yang ada dalam diri kita. Mungkin kita hanya belum tahu apa-apa tentang diri sendiri, kita pun mungkin belum menemukan sebab kita bisa menjadi versi terbaik dari diri kita.

Untuk itu, berterima kasihlah dengan orang-orang yang tepat yang datang dalam hidupmu. Entah itu orang yang kamu kagumi, entah itu pasangan kita saat ini, entah itu teman terbaik yang kita miliki, entah itu keluarga kita. Karena dengan merekalah, mungkin kita bisa menunjukkan versi terbaik dari diri kita sendiri. Mungkin, hanya dihadapan merekalah, kita bisa menjadi diri sendiri.

Untuk itu, aku ingin mengucapkan terima kasih. Untuk orang-orang yang hadir hingga hari ini dalam hidup, juga untukmu mas paijo. 

Aku Rindu