Oct 15, 2015

Perjalanan Hidup Menggenggam Sejuta Harapan

Dalam sebuah perjalanan hidup dapat kita temukan begitu banyak hal yang akan membuat kita merasa ingin menjadi lebih sempurna akan kebaikan. Kesenian jiwa yang ada pada hati setiap orang akan terus menuntun kepada perbuatan yang lebih baik bagi sesama. Jutaan insan yang telah berada di dunia ini sedang menciptakan sebuah perlombaan antara satu dengan yang lain, mencari juara sejati yang akan menggapai cita - citanya masing - masing. Hal ini tentunya akan menimbulkan aksi dan reaksi bagi mereka para pesaing kehidupan, bersaing dalam dunia pendidikan, politik, ekonomi dan sebagainya hanya demi sebuah kesuksesan semata. Sang "Juara" begitulah mereka menyebutnya bagi yang paling hebat diantara semua yang terhebat, begitulah adanya jika berhasil melakukan perlawanan terhadap kerasnya kehidupan. 

Pada awalnya tidak ada yang tahu seperti apa nasib seseorang, kita mengetahui  seseorang sudah berhasil hanyalah pada saat orang tersebut memang sudah berhasil. Sedangkan disisi yang lain, kita sama sekali tidak melihat proses yang dijalaninya. Betapa susahnya berjuang diantara para pejuang hebat yang tidak dapat dikalahkan hanya dengan sekedar membalik telapak tangan, bahkan selain itu mereka sudah mengurangi umur mereka secara besar - besaran hanya untuk mencapai sebuah keberhasilan yang menentukan nasib mereka. Hal ini yang seharusnya kita sadari, bahwa sebuah proses harus kita lihat dan perhatikan juga sebelum seseorang tersebut sukses meraih impiannya demi merubah sebuah nasib.

Diantara mereka sering bertanya - tanya bagaimana cara menggapai keberhasilan dengan cara yang singkat? Sesungguhnya pertanyaan tersebut dapat dikatakan cukup konyol bila harus dilontarkan untuk orang lain. Mengapa? Karena sebuah keberhasilan tidak akan dapat kita raih dengan cara yang singkat, kita harus menjadi seniman yang handal untuk diri kita sendiri, bekerja keras serta membanting - banting tulang kesana kemari hanya untuk hal tersebut. Kita harus mampu membuat sebuah proses yang benar - benar tertuju pada destinasi keberhasilan yang ingin kita tempatkan sebagai sebuah tujuan akhir yang membanggakan. Dan untuk melakukan semua itu kita membutuhkan waktu yang tidak sedikit tentunya, karena dalam dunia ini sesungguhnya keberhasilan tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu yang bersifat "Instan". 

Saat terlahir di dunia tentunya kita sudah menggenggam sejuta harapan dari orang tua kita, dengan mengikuti sebuah proses kita mulai menjalani pendidikan sebagai modal untuk menempuh perjalanan hidup yang sesungguhnya, serta akhirnya memiliki sebuah nama yang mampu menginspirasi dan merubah hidup orang lain agar mampu menjadi lebih baik. Dimana ada lukisan kehidupan disanalah kita akan membuat sketsa jatuh bangun kita semasa hidup dari kita dilahirkan sampai kita berakhir suatu saat nanti, dalam lukisan itu pula kita akan melihat saat - saat kita sedang berbagi rasa, memberi kasih tanpa mengharap imbalan, menuai canda tawa dan suka duka yang mungkin tidak akan pernah terlupakan. Lalu saat kita sudah merintis sebuah keberhasilan tentunya kita mulai bangga akan hal itu, hendaknya kita juga pasti akan bersyukur mengenai keberhasilan sesuai dengan yang kita inginkan. 

Tetapi bila hal yang kita dapatkan selama ini belum sesuai dengan keinginan kita, atau kita belum mendapatkan keberhasilan itu janganlah putus asa dan patah semangat untuk terus berjuang. Masih ada banyak berjuta kesempatan yang dapat kita raih, serta masih ada banyak waktu untuk terus berjuang dan berusaha lebih baik lagi untuk hari - hari kedepan. Lalu percayalah, bahwa Tuhan memiliki hadiah yang sangat Istimewa bagi mereka yang mau bersabar, bekerja keras, rendah hati, dan selalu tersenyum. 


Hembus angin yang tersasa panas keringat menetes di dada, tiada henti kau bekerja keras berjuang demi cinta ..

Aku Rindu