Jul 26, 2015

Cinta Adalah Akad Dan Perjanjian

Sejatinya, cinta adalah permasalahan yang disukai oleh jiwa.
“Buhul Cinta”


Sesungguhnya, cinta itu mempunyai ikatan. Jika seandainya ikatan cinta tidak erat maka ia akan putus sehingga akan terjadi kekosongan dan kehampaan dalam hidup.Cinta tanpa ikatan adalah bagaikan layang-layang yang putus, semakin tingga ia dikibarkan maka semakin jauh ia dari kebenaran dan ajaran kebahagiaan hidup. Buhul dalam bahasa Indonesia artinya ikatan. Ada pepatah yang menyebutkan “Mengebat erat-erat dan membuhul mati-mati” maksudnya diikat sampai mati. Cinta itu membutuhkan ikatan, ikatan kuat yang mengikat janji.


Buhul cinta artinya sesuatu yang dapat mengikat dua pasang kekasih sebagaimana ia juga bermakna buhul jimat yang dapat meningkatkan ketaatan kepada Allah Azza Wa Jalla. Karena tidak ada cinta yang halal kecuali cinta di dalam pernikahan.
Ar-Rum Ayat 21


 وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya : “Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” [Ar-Rum 21].

Perkawinan telah menjadikan hal yang luar biasa menjadi biasa, telah nyata emas dengan loyangnya, telah nyata sutra dengan benangnya. Pasangan saling tahu keburukan-keburukan satu sama lainnya. Dan bagi mereka yang cintanya tidak kuat dan bukan karena Allah, maka sirnalah cinta itu secepat jarum jam berdenting.

Banyak orang yang menyangka, bahwa cinta bisa tua sebagaimana tuanya badan manusia.Ia bagaimana bunga yang tumbuh dengan putiknya, lalu mekar untuk kemudian layu.Banyak juga yang bilang, dengan berlalunya masa maka ia akan sirna dan akan menjadi biasa-biasa saja. Dan ini adalah pemahaman yang salah tentang cinta. Banyak pasangan yang menggunakan pemahaman ini sehingga mereka tidak berusaha untuk membangunkan cintanya yang telah mati dengan merindangkan batang dan dahannya dengan dedaunan cinta. Seakan-akan ia telah pasrah dalam keadaan dan telah kalah dalam perperangan. Baginya, memupuk cinta sama dengan memindahkan matahari ke utara, itu adalah hal yang mustahil.


Semua Cinta atas dasar kecintaan kepada Allah itulah cinta hakiki, semua cinta yang mengantarkan seseorang kepada taat kepada Allah itulah cinta yang sebenarnya. Karena cinta adalah kesucian, pengorbanan, keteguhan dalam memegang janji, keikhlasan dalam melaksanakan perintah Allah.Cinta adalah akad dan perjanjian.

Aku Rindu