Jul 28, 2015

Sayang Itu Anugerah

Rasa sayang itu kadang menekan ego seseorang. Rasa sayang itu menimbulkan perasaan ingin selalu memaafkan. Rasa sayang itu membuat seseorang ingin melihat orang yang dia sayang meraih kebahagiaannya walaupun tanpa dirinya.

Sayang itu bukan berarti memiliki. Sayang itu bukan berarti mengikuti segala keinginan. Sayang itu bukan berarti buta dengan kepentingan diri sendiri dan orang lain yang berada di sekitarnya. Sayang itu bukan berarti lupa bahwa sesayang apapun kita dengan seseorang, ketika tidak berjodoh, maka kita tidak akan bisa bersamanya.

Rasa sayang itu anugerah. Perasaan itu diberikan pada manusia agar manusia bisa saling menyayangi dan mengasihi, bisa saling memberi. 
Perasaan itu ada agar manusia bisa saling memaafkan. Perasaan itu ada untuk membuat orang lain tersenyum. Untuk membuat hidup jauh lebih bahagia.

Suatu saat kita akan dihadapkan oleh banyak pilihan, bahkan dengan orang yang kita sayangi. Ketika keinginan kita justru bertabrakan dengan kepentingannya. Ketika apa yang kita inginkan justru mengganggu apa yang penting untuknya. Masing-masing dari kita punya kepentingan yang tidak bisa diganggu gugat. Masing-masing dari kita punya hal yang berharga, yang akan selalu kita lindungi dan perjuangkan mati-matian. 
Saat itulah rasa sayang tidak boleh menjadi penghalang untuk memperjuangkan kepentingan. Kadang justru mengalah adalah langkah yang tepat. Karena sayang tak berarti harus selalu bersama. Karena sayang berarti apa yang berharga baginya juga berharga bagi kita. Karena rasa sayang membuat kita ingin melindungi hal yang berharga untuknya. Karena rasa sayang artinya bisa melihat dia tersenyum bahagia saja sudah cukup.

Aku Rindu