Apr 11, 2015

Mensyukuri hidup



Ketika kamu bertanya-tanya tentang alasan mengapa kamu hidup, mengapa kamu harus ada di dunia ini. Sementara kamu merasa hidupmu tidak berjalan sebagaimana maumu, sebagaimana kebahagiaan yang kamu inginkan, atau angan yang diharap menjadi kenyataan. Pertanyaan-pertanyaan itu mengusikmu seolah-olah menjadi sebuah pembenaran untuk menyudahi sebuah kehidupan.

Ketika kamu bersikeras bahwa hidupmu tidak berarti atau tidak memberi arti, hanya mempersulit hidup orang lain disekitarmu. Keberadaanmu membuat mereka bersedih atau terluka. Ketahuilah bahwa itu adalah asumsi yang kamu benar-benarkan.

Hidupmu diciptakan sedemikian rupa untuk mengujimu dan tidak pernah ada ujian hidup yang melebihi kemampuan seseorang. Itu keniscayaan. Pikiran kita sendirilah yang membatasi semua itu, pikiran kita menggerakan seluruh langkah kita menjadi keliru, pikiran kita mendorong kita untuk melakukan hal-hal yang semakin jauh dari titik terang.

Belajarlah untuk mengendalikan pikiran kita. Menjaganya tetap jernih dan positif, menjaganya agar jangan sampai menjadi pendek, membuat kesimpulan yang keliru, membuat keputusan yang salah.

Bagaimana cara kita mengajarkan pikiran kita menjadi demikian? Sulit tapi pasti bisa dilakukan. Adalah dengan banyak-banyak bertemu manusia yang tidak kamu kenali, memudahkan urusan mereka dengan menolongnya. Menyedekahkan tenaga, harga, bahkan pikiran kita untuk hidup orang lain. Bertemu dengan sebanyak-banyak manusia. Lebih banyak melihat ke bawah, melihat lebih dekat kepada orang-orang yang lahir tidak seberuntung kita.

Masalah hidup mereka jauh lebih banyak dan mereka tetap berjuang untuk hidup. Masalah kita mungkin baru sebatas patah hati atau sebatas masalah-masalah seperti drama televisi, Hidup orang lain tidak semudah hidup kita, bahkan untuk urusan makan esok hari, sementara kita membuang banyak rejeki ke dalam tong sampah.

Hidup kita adalah sebuah keberuntungan besar, setidak menarik apapun jalan cerita yang sedang dijalani saat ini, percayalah bahwa kita bisa membuat cerita itu menjadi menarik dengan pikiran kita. Dengan melihat sesuatu dari sudut pandang yang baru. 

Selamat mensyukuri hidup, sesuatu yang mungkin akan kita sesali ketika mati ketika kita lupa mensyukurinya.




Aku Rindu