Apr 6, 2015

Tulisan Tentang Menulis



Harusnya menulis menjadi suatu yang harus dan perlu dilakukan, menjadikan menulis setiap harinya adalah kebutuhan, karena menulis membuat kita lebih mengenal diri kita, percaya atau tidak, menulis membuat kamu tumbuh menjadi orang yang lebih percaya diri, bisa kita lihat rata rata orang yang biasa menulis adalah mereka yang memiliki kemampuan retorika berbahasa yang baik. walau orang yang suka menulis tidak selalu menunjukan kempuan berbicaranya didepan umum, tapi ketika diberikan kesempatan untuk berbicara dan mengutarakan pendapatnya. barulah kita memahami bahwa dengan menulis membentuk karakter kita untuk terbiasa berpendapat tentang hal hal yang ada disekeliling kita.


menulis seperti menambah pemahaman kita tentang apapun, seolah sedang mengisi gelas kosong, setetes demi setetes, walau tidak langsung banyak, tapi nikmati saja prosesnya, rasakan setiap tetesan yang jatuh. dengan begitu kamu akan mengerti 

Orang-orang yang menulis itu sedang jatuh cinta, Jatuh cinta pada masalahnya, pada amarahnya, pada kegelisahannya. Sehingga mereka mau repot-repot menuangkan menjadi sebuah rekaman kata. Sesuatu yang mungkin tidak pernah mereka lakukan untuk hal-hal lain, sesuatu yang mungkin terpaksa mereka lakukan untuk pelajaran di sekolah.


Mereka jatuh cinta pada segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Mungkin mereka tidak menyadari itu hingga kelak disuatu hari mereka membaca tulisannya sendiri. Saat keadaan telah berubah, saat hidup berjalan lebih baik, saat pikiran semakin lurus dan jernih. 


Mereka akan tersenyum membacanya dan menertawakan dirinya sendiri. Menyadari ternyata mereka pernah seperti itu.
  
banyak orang yang enggan menulis karena merasa payah dalam menulis,


"sulit" katanya,


bahkan ada yang bilang


"curhat lewat tulisan tuh ngga gue banget"


tapi menulis bukan hanya itu, menulis bisa menjadi tolak ukur seberapa jauh kita berkembang, seberapa besar kita menyerap hikmah yang terjadi. dengan menulis pikiran kita bebas, tidak usah takut salah bicara, tidak perlu takut ada yang menyepelekan pola pikir kita atau pendapat kita. karena ketika menulis kamu adalah sutradaranya. kamu bisa mengutarakan apapun. dan bahkan membuat ide ide gila. menulis itu tentang bagaimana kamu, dengan jari jarimu menari, berkolaborasi dengan pikiranmu yang bebas tak terkekang.


ini bukan tentang perkara mudah atau sulit


bukan juga tentang mau atau tidak mau


tapi ini tentang bagaimana kamu mampu mengenal dirimu, 


karena sejatinya dengan menulis adalah cara kamu mengeksplor dirimu


dan aku selalu suka atmosfer ketika ini.


Satu peluru hanya dapat menembus satu kepala tetapi satu tulisan bisa mengubah puluhan bahkan ratusan kepala. -Sayyid Qutb



Aku Rindu