Dec 7, 2017

Orang Besar

“Tidak mungkin ada orang besar yang menjadi sebesar sekarang murni karena kerja kerasnya saja.” ucap beliau suatu ketika.

Ya ada benarnya. Seringkali kita, sebagai manusia, merasa bahwa kemampuan, kesuksesan, kebahagiaan yang kita dapatkan hari ini adalah karena usaha diri kita sendiri. Paradigma yang membuat kita menjadi sombong. Bahkan tak jarang membuat kita melupakan Sang Pemberi Berkah yang dengan segala kuasaNya menggerakkan orang - orang untuk membantu kita sekaligus menguatkan kita hingga kita berada di sini, sampai pada titik ini.

Ya, Allah adalah kunci kesuksesan kita. Tanpa ijabah atas doa - doa kita, mana mungkin doa - doa tersebut terkabul? Tanpa kuasaNya menggerakan orang - orang disekitar kita, mana mungkin kita mendapat relasi atau kesempatan, yang seringkali datang melalui perantara orang lain. Tanpa kebesaranNya, hati dan pikiran ini tak mungkin dikuatkan, diyakinkan untuk terus melangkah meski lelah, terus bangkit meski telah jatuh, terus berjuang meski telah tersakiti, terus mencoba lagi dan lagi. Sambil selaku berpasrah pada rencanaNya yang terjadi.

Seringkali kita lupa akan komponen - komponen ini. Yang Maha Besar hingga yang kecil - kecil. Kita terlalu dibutakan dengan kesuksesan saat ini. Kita terlalu terlena dengan kebahagiaan kita hari ini. Hingga kita lupa bahwa diri ini perlu bersyukur dan berbagi. Hingga kita lupa bahwa diri ini perlu kembali menghadap Sang Ilahi.

Kamu, aku, semoga kita dijaga dari sifat demikian. Semoga kita termasuk pemilik kebun dalam surat Al-Kahf yang senantiasa ingat bahwa apa yang kita miliki saat ini semua karena Allah semata.

Aku Rindu