Dec 7, 2017

Tidak Mau Sakit Jangan Menyakiti

Sesuatu yang menurut kamu biasa-biasa saja, namun belum tentu buat orang lain itu menjadi biasa. Bisa jadi itu ujian. Bisa jadi mereka sulit melakukannya, meskipun tidak nampak pada wajahnya. Sesuatu yang ketika itu datang, bagi kamu rasanya seperti hobi, senang menerimanya dan merindukan kedatangannya. Namun, bagi orang lain belum tentu demikian.

Pernah tidak berpikir ketika ada seseorang takut terhadap suatu hal yang buat kamu itu hal yang lumrah? (Ngapain sih kayak gitu aja takut, lebay!)
Dan pernah juga ketika diri kamu sendiri yang dikata-kata seperti itu? Bagimu itu hal yang menakutkan, tapi mereka bilang kamu berlebihan. Perasaan kamu? Marah? Sedih? Kesal? Itulah yang orang lain rasakan juga!

Belajarlah, untuk memahami kondisi seseorang. Belajar untuk menerima sudut pandang orang lain meskipun bertolak belakang denganmu. Tidak selamanya mereka mempunyai rasa seperti kamu. Kalau kamu pun enggan untuk dicap sebagai seorang penakut maka jangan mengejek mereka yang takut terhadap sesuatu, apapun itu.

Belajarlah memahami, atau lebih keren lagi kalau mau membantu memecahkan ‘ketakutannya’. Janganlah kau tertawai hingga membuatnya merasa bersalah dan malu. Apa hak kamu untuk menertawai kelemahan mereka?

Buat prinsip dalam hidup kamu, jika tidak mau sakit jangan menyakiti!

Melembutlah, wahai hati! Seandainya diri dari masing-masing kita tahu perasaan satu sama lain, mungkin tidak ada manusia yang hatinya keras di bumi ini.

Aku Rindu