Jun 16, 2018

Menjaga Hubungan Dengan Silaturohim


Antara salah, keliru, dan lupa tidak akan pernah terpisah dari manusia. Yang menjadikanmu jatuh bukan karena ketiga hal itu, namun karena takutnya kamu untuk mengucap maaf. Kamu pun terkadang akan jatuh pada lubang yang sama, bahkan berkali-kali. Tapi tetaplah meminta maaf sembari mengusahakan menghindari ranjau yang sama. Kamu hanya perlu menyadari bahwa terkadang dari jatuhmu tadi akan menumbuhkan kehati-hatian yang kuat tersebab luka yang tergores cukuplah sakit. Entah itu sekali atau berkali-kali agar mulai tersadar.

Terkadang, rasa bersalahmu muncul terlalu tinggi hingga menjadikanmu canggung dan merendahkan diri pada orang lain. Mulailah menatap langit, merasakan setidaknya ada angin yang berhembus kecil padamu, menandakan bahwa semua akan baik-baik saja tanpa kamu harus merendahkan diri atau mengasingkan diri. Kamu hanya perlu lebih memperhatikan jalanmu kedepan dan jangan bosan untuk mengucap maaf pada setiap kesalahan.

Tenanglah, bahkan untuk merangkai rajutan tasbih pun harus ada jari yang tertusuk jarum agar bisa menjadi untaian tasbih yang indah, yang tersambung oleh benang untuk menghubungkan satu dengan lainnya , dan mengharuskan adanya jarak kecil diantara setiap butirnya. Menandakan bahwa ada jarak kecil saja yang harus kita jaga pada setiap orang agar tidak melukainya. Membuatmu lebih berhati-hati pada ucapan dan tingkah lakumu, Menjaga hubungan.

Karena luka bisa datang dari hal yang tidak tersengaja, memulai kehati-hatian untuk setiap langkah hidup ini. Agar semakin sedikit yang kita pertanggung jawabkan nanti, agar semakin sedikit orang yang menuntut kita pada hari akhir nanti.

Menjaga hubungan dengan silaturohim dan selalu penuh pertimbangan pada apa yang akan terlangkah oleh kaki atau terucap oleh lisan dan tergerak oleh tangan.

Aku Rindu