Sep 21, 2017

Jatuh Bangunnya Menjaga Hati

Jatuh bangunnya menjaga hati. Mencari ilmu tentang kehidupan ketika nanti  tak lagi sendiri. Belajar menjadi seorang wanita mandiri, sigap, tanggap terhadap urusan rumah tangga.
Ibu pernah mengatakan
Keadaan rumah tanggamu sekarang, ditentukan oleh keadaanmu sekarang”
Maksutnya adalah, seorang wanita harus sigap, tanggap, dari sebelum menikah. Mulai belajar bangun pagi, membuat minum, menyapu tanpa disuruh, mencuci piring, merapikan ruangan dan pekerjaan rumah tangga lainnya. jangan sampai mengatakan “ Nanti aku melakukan itu semua kalau sudah nikah aja deh. Sekarang masih pengen santai-santai dulu.”
Nah, itu merupakan persepsi yang salah. Memang setelah menikah, hidup kita menjadi enak? Langsung instan bisa melakukan pekerjaan rumah dengan cepat? Salah besar.


Mengurus pekerjaan rumah merupakan sebuah keterampilan yang harus dilatih terus-menerus. Tidak bisa secara instan kita bisa melakukannya dengan baik. Apabila semakin sering kita melakukan sebuah keterampilan, maka semakin mahir pula kita dalam keterampilan itu.

Maka dari itu, semua hal baik perlu dibangun sebelum menikah, agar ketika menikah nanti akan memunculkan hal baik pula.


Kebiasaan yang akan kau bawa setelah menikah, adalah kebiasaan waktu kau muda dahulu (sebelum menikah)
Apabila kebiasaan sebelum menikah, kau baik, rajin, maka setelah menikah, kebiasaan itulah yang akan muncul.

Ini tidak hanya berlaku pada pekerjaan rumah saja, namun semua hal yang ada dalam kehidupan kita. Karena setelah menikah, sejatinya semakin banyak amanah yang akan kau pikul.

Oleh karena itu, Bangunlah kebiasaan baik itu dari sekarang. Karena hal-hal yang baik, akan menyandang statusmu kelak.

Aku Rindu