Jun 24, 2017

Ayuk, Kita Mudik, Mudik Dan Mudik...

Di setiap tahun menjelang hari raya 'Idul Fitri' tiba bisa dipastikan adanya suatu pergerakan manusia secara besar-besaran diberbagai daerah di negara kita dan telah pula menjadi tradisi setiap tahunnya.

Tradisi ini yang kita namakan 'Mudik Lebaran' dan mungkin hanya ada di Indonesia, pulang ke kampung halaman kita di hari raya 'Idul Fitri, untuk saling bersilaturrahiim, melepas kerinduan dan kecintaan kita kepada keluarga, handai taulan, kerabat dan para tetangga setelah sekian lama tak bertemu.

Meskipun silaturrahiim tidak ada kaitannya secara langsung dengan rangkaian ibadah Ramadhan dan 'Idul Fitri, tapi tradisi ini sangat baik untuk dilestarikan dan dikembangkan. Kita saling mengunjungi sanak saudara bahkan tetangga atau kerabat, hingga semuanya menyatu dalam indahnya kebersamaan melepasa kerinduan dan kecintaan dalam rahmat ilahi ya Robbi.

Terkadang kita pun rela dan ikhlas untuk berdesak-desakan dalam suatu perjalanan mudik, bepergian jauh, hingga ratusan kilometer bahkan mungkin beribu kilometer, hanya sekedar untuk menjumpai orang tua atau sanak keluarga. Sekedar untuk menjumpainya dan bersilaturrahiim, menyegarkan ikatan kekerabatan, menyambung dan mempererat tali persaudaraan dengan saling memaafkan dan saling mengikhlaskan.

Janganlah kita menghapus sebuah persaudaraan atau memutus silaturrahiim hanya karena sebuah kesalahan. Namun hendaknyalah kita mampu menghapus sebuah kesalahan itu demi keutuhan dan eratnya sebuah persaudaraan untuk saling bersilaturrahiim dengan saling mengikhlaskan dan memaafkan.

Sebagaimana Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasalam bersabda, "Barangsiapa menjamin untukku satu perkara, aku jamin untuknya empat perkara. Hendaknya dia bersilaturrahiim, niscaya keluarganya akan mencintainya, diperluas baginya rezekinya, ditambah umurnya dan Allah memasukkannya ke dalam syurga yang dijanjikan-Nya." (HR. Ar-Rabii')

Di samping kita meminta maaf dan memberi maaf, kita juga harus dan wajib sebisa mungkin menjadi pribadi pemaaf. Memberi maaf berbeda dengan pemaaf. Kalau memberi maaf itu terjadi ketika ada orang yang meminta maaf, sedang pemaaf adalah orang yang memberi maaf atas kesalahan orang lain sebelum orang tersebut meminta maaf kepadanya.

Aku Rindu