Jun 22, 2017

Saat Tiba Buka Puasa, Waktu Untuk Berbahagia

Lihatlah wajah bahagia hamba-hamba Allah yang berpuasa, di kala waktu berbuka puasa telah tiba.
Ya, mereka memang patut berbahagia, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, bahwasana, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.”
(HR. Bukhari dan Muslim)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menjelaskan di dalam kitab Majaalisu Syahri Ramadhaan, ‘Kebahagiaan ketika berbuka maksudnya adalah karena ia merasa senang atas nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya, yaitu bisa melaksanakan puasa yang merupakan salah satu bentuk amal shalih yang paling utama. Betapa banyak manusia yang tidak memperoleh nikmat tersebut sehingga mereka tidak berpuasa. Ia juga merasa senang atas makanan, minuman yang kembali dihalalkan Allah baginya, setelah sebelumnya diharamkan pada saat berpuasa.

Adapun kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-nya adalah ia senang dengan ibadah puasanya ketika ia mendapat balasannya di sisi Allah secara utuh pada saat ia jauh membutuhkannya, ketika dikatakan,
“Di mana orang-orang yang berpuasa?” Mereka pun dipersilahkan masuk ke pintu surga dari pintu ar-Rayyan yang tidak akan dimasuki oleh seorang pun selain mereka.” jika mreka sudah masuk maka pintu itu di tutup sehingga tidak ada lagi seorangpun yg masuk melalui pintu tersebut.
(HR.Bukhari dan muslim)

Puasa merupakan metode yang mantap untuk melakukan perubahan, dan hijrah.
Amboi indahnya, sebelum berbuka puasa bisa melihat gadis-gadis ngabuburit dan setelah berbuka puasa bisa melihat gadis-gadis cantik berkerudung setiap pergi dan pulang taraweh.

Aku Rindu