Jun 7, 2018

Menemukan Jalan Yang Benar


Seseorang yang berjalan pasti akan merasakan jatuh, entah pada perjalanannya yang jauh ataupun dekat. Ada yang tersandung oleh batu, terluka oleh kerikil tajam yang terinjak, ataupun tergelincir pada jalan turunan lagi licin. Seperti ini lah kehidupan, tidak ada seorang pun yang aman dari jatuh. Justru dengan adanya semua itu, menandakan bahwa kamu memang benar-benar manusia. Tempat salah dan lupa.

Tidaklah hina ataupun rendah bagi mereka yang terjatuh, karena yang terbaik adalah saat kamu kembali bangun dari jatuhmu sembari menarik napas, lalu membersihkan luka, dan mulai kembali meneruskan perjalanan. Entah jatuhmu pada setiap tujuan yang salah, pada hati yang terperangkap oleh khayalan dan berbeda pada hakikatnya, ataupun terjerumus salah menaruh hati. Tidaklah mengapa, pun setiap orang harus belajar dari kesalahannya dan berhati-hati agar tidak terjatuh pada sakit yang sama. Setiap darimu akan berbeda cerita juga jatuhnya. Tersenyumlah.

Bagimu yang kini telah menemukan jalan yang benar, simpanlah dan tutup kenanganmu dengan senyuman, menandakan bahwa kamu akan baik-baik saja tersebab kini kamu jauh lebih kuat dari sebelumnya, jauh lebih teliti dan berhati-hati untuk setiap pilihan dan langkah dalam hidup ini. Simpanlah kenanganmu agar menjadi pembelajaran paling mahal untuk generasi setelahmu, agar mereka tidak jatuh pada lubang yang sama dengan dirimu.

Tenanglah, Dia tau mana hambanya yang benar-benar bangkit dan pura-pura, Dia pun tau mana hambanya yang sedang berusaha dan mana yang menyerah, dan Dia juga tau mana hambanya yang serius meminta ampunan lagi berusaha tidak akan mengulangi dan mana hambanya yang hanya sekedar takut siksa, namun tidak ada komitmen untuk berubah menuju arah lebih baik.



Aku Rindu