Mar 12, 2018

Sedang-Sedang Saja, Karena Terlalu Dekat Bahaya

Ada pepatah yang mengatakan bahwa "tak kenal itu maka tak sayang". sebenaranya apa makna dibalik pernyataan ini? adapaun makna dari pernyataan ini adalah dengan mengenal seorang itu memungkinkan kita untuk lebih menghargainya dan menyayanginya di bandingkan dengan orang yang sama sekali kita tak kenal. tapi benarkah seperti itu? 

Terkadang karena kita sudah merasa dekat kepada seseorang, hal itu justru membuat kita merasa tak ada batasan dengan dia lagi. Kita sudah menganggap dia sebagai seseorang yang sudah dekat dengan kita hingga kita merasa tak ada rasa canggung dan segan lagi kepadanya. Hal yang seperti ini terkadang membawa hal yang terbalik seperti pernyataan yang saya tulis diatas. Karena mengenal seseorang itu sudah dekat kita terkadang lupa bahwa dia juga adalah manusia sama seperti kita yang punya perasaan, harga diri dan privasi. Privasi dan harga diri terkadang terlewati ketika kita sudah beranggapan bahwa kita sudah dekat dengan seseorang. 

Tidak salah jika kita sudah merasa dekat dengan seseorang asalkan kita dapat menimbang mana yang bisa diexpose dan mana yang bersifat pribadi. Tapi terkadang kenyataan berkata lain, kita malah kelewatan karena sudah sangat pede mengenalinya. Makanya tidak sedikit yang dulunya dekat dan intim dalam berteman malah menjadi orang-orang yang saling membenci atau dengan yang lain menjadi musuhan, bahkan musuh bebeyutan. 

Pastinya setiap pribadi sangat senang memiliki teman yang banyak sekali. apalagi teman-teman yang bisa saling menghargai. Teman dekat tapi tau membatasi diri, tau sejauh mana ia harus masuk kedalam ruang lingkup seseorang itu. Nah yang seperti inilah biasanya yang akan tahan lama. 

Intinya boleh dekat tapi lihat batasanya, atau jangan terlalu dekat dan tidak terlalu jauh. Yang sedang-sedang saja.

Aku Rindu