Jan 8, 2018

Menuju Ke Tujuan

Kita akan sampai pada tujuan, tentu jika kita bersedia meyakininya dengan segenap keyakinan. Bahwa perjalanan kita di dunia ini hanyalah sementara, akan ada ujungnya, akan ada akhirnya.
 
Pemahaman kita tentang hidup yang teramat singkat ini akan bertambah seiring berjalannya waktu, seiring dengan ujian dan masalah yang satu persatu datang dan tertulis pada halaman demi halaman episode kehidupan kita. Mungkin di dalam prosesnya, sebagian dari kita masih belum mengenal apa tujuan hidupnya di dunia ini, sebagian lagi bisa saja masih membangun sedikit demi sedikit pondasi yang kokoh dalam menerima kenyataan hidupnya. Namun, pada satu waktu kita akan sampai pada saat dimana hati kita sibuk mempertanyakan tentang hidup ini. Mulai dari kita yang masih saja mempertanyakan keadilan Tuhan tentang mimpi kita yang tak kunjung bisa dicapai, pertanyaan tentang dimana kita akan bekerja? siapa pendamping hidup kita? dan masih banyak lagi rentetan tanda tanya yang masih menggantung di langit-langit kamar kita.

Pertanyaan demi pertanyaan akan datang seiring bertambahnya kedewasaan kita dalam memahami jalan cerita yang tengah disusun oleh Tuhan. Dan tentu saja di dalam prosesnya kita memerlukan kekuatan yang cukup kuat untuk dapat mengambil keputusan, sebelum waktu begitu saja menenggelamkan berbagai kesempatan yang ada di depan mata kita.

Taukah kita, bahwa ternyata kekuatan terbesar yang dimaksud itu adalah kemampuan kita untuk menghargai masa lalu, dan menggantinya dengan keyakinan bahwa kita masih memiliki masa depan yang dapat kita sesuaikan langkahnya dengan rencana Tuhan.

Jika kita tak bisa berdamai dengan masa lalu, maka jangan salahkan waktu. Itu hanya bagian dari diri kita saja yang masih belum mengerti bahwa ternyata masa lalu adalah satu bagian yang telah membuat kita sampai di masa sekarang. Dari buruk menjadi baik, dari manja menuju dewasa, dari rasa ketidakrelaan menuju ikhlas yang lebih berserah.

Ketika kita sudah memahami kemana tujuan kita, maka segalanya akan terasa ringan. Semua ujian dan apapun yang kita dapatkan akan kita simpan baik-baik dalam ingatan, bahwa ternyata kita pada akhirnya mampu mempersiapkan diri untuk sampai…

Ya, sampai kepada tujuan.

Aku Rindu