Jan 9, 2018

Kebahagiaan

Bahagia menurut satu orang belum tentu bahagia menurut orang lain. Standar kebahagian satu berbeda dengan yang lain. Sering kali kita menganggap bahagia itu diukur melalui materi, misalnya uang. Dengan uang kita bisa membeli apapun. Namun, dengan uang kita ngga bisa membeli kebahagiaan.

Lalu kebahagiaan apa yang lantas kita cari? 

Bukankah setiap insan manusia punya cara bahagia masing-masing. Dan hebatnya Allah pun tau standar bahagia masing-masing hambanya. Sangking cintanya terhadap hambanya. Tak mungkin seseorang bahagia yang bukan menurut versi hambanya.

Kebahagiaan bisa kita ciptakan jika kita bisa menemukan kebahagiaan itu sendiri. Tanpa mengganggu kebahagiaan orang lain. Salah satunya adalah ketenangan batin. Bagaimana mungkin orang bisa nyaman bekerja jika lingkungannya tak melahirkan ketenangan batin. Bagaimana mungkin orang bisa sungguh-sungguh belajar jika lingkungannya pun tak melahirkan ketenangan batin bagi dirinya.

Kebahagiaan adalah soal menciptakan, bukan dicari. Bahkan yang lebih hebatnya, libatkan Allah dalam urusan kebahagiaan, karena yakinlah jika kita mampu melibatkanNya, bukan kebahagiaan semu yang kita dapat.

Percayalah...

Aku Rindu