May 9, 2017

Ditolongin Tapi Tidak Tau Caranya Berterimakasih

Seburuk-buruknya orang di dunia ini bukan mereka yang jelek fisiknya atau penampilannya, melainkan orang yang tidak tau caranya berterima kasih pada orang yang sudah nolonginnya.

Orang yang tidak tau caranya berterimakasih setelah ditolongin sama orang lain termasuk orang yang tidak bisa bersyukur dan pasti tidak disukai oleh teman-temannya. Orang-orang yang seperti inilah yang sangat ingin dijauhin sama kebanyakan orang di dunia ini.

Kelihatan bangetlah kalau orang tidak tau caranya berterimakasih itu datang kekita cuma pas dia butuh, kalau udah gak butuh ketemu dijalanpun pasti bakalan pura-pura gak kenal atau kalau enggak pasti berusaha menghindari kita. Rasanya sok banget kalau udah gak butuh, berasa kayak menjadi orang yang paling ada di atas.

Kadang ada loh orang yang udah abis ditolongin bukannya bilang terimakasih atau bersyukur malah ngejahatin kita secara diam-diam, entah ngejelek-jelekin dibelakang, entah yang malah tiba-tiba musuhin kita, atau malah menjatuhkan kita, hingga menjadi pengkhianat, dan masih banyak lagi cara lainnya yang bakalan membuat kita nyesel udah pernah nolongin.

Sebenarnya bukannya butuh balasan karena udah nolongin, sekedar ucapan terimakasih itu rasanya sudah menghargai kita yang udah nolongin. Ini ditolongin udah gak bilang terima kasih malah kadang ngejauhin kita, serasa pertolongan yang kita berikan itu gak penting, padahal kelihatan banget berkat ditolongin kita dia bisa mengatasi masalahnya.

Paling sering itu dalam urusan pinjam meminjam uang, dikasi pinjaman bukannya membayarnya kalau udah batas waktunya, malah ngejauhin kita hanya karena tidak ingin bayar utangnya.

Orang-orang yang tidak tau caranya berterimakasih setelah ditolongin sudah pasti termasuk orang yang bermuka dua, manis dikata lain ditindakan. Orang-orang yang seperti ini patut dihibdari karena sangat mungkin menjatuhkan atau menyingkirkan kita kalau dia ngerasa kita adalah lawannya.

Dia gak bakalan peduli niat tulus kita yang udah ngebantuin kesulitannya. Terkadang ada loh yang udah di tolongin pas udah berhasil malah ngerendahin pertolongan kita, “alah cuma segitu aja” kesel kan kalau udah ditolong tapi dengan gaya congkak ngomong kek gitu.

Biasanya orang yang tidak tau caranya berterimakasih itu maunya minta tolong mulu sama kita, tapi gak mau nolongin kita kalau kita lagi butuh. Bukannya berharap balasan pas kita memberi bantuan tapi rasanya pasti sakit banget kalau pas kita butuh bantuan dia malah gak peduli, dia gak bisa memperlakukan orang lain sebagaimana orang lain memperlakukan dia pas lagi butuh bantuan.

Siapa yang gak bakalan sebel kalau punya temen atau nolongin orang yang tidak tau caranya berterimakasih. Rasanya pengen kagak ikhlas udah nolongin, semacam tidak rela tapi ya sudahlah kadung udah nolongin biar jadi amal untuk kita. Tapi rasanya masih ada unek-unek di kepala saking sebelnya, apalagi kalau udah abis ditolongin malah ngejelek-jelekin kita.

Aku Rindu