Jun 21, 2016

Pujian Adalah Ujian

Terimalah setiap kekuranganmu sebagai bagian yang unik dari dirimu.

Menerima kelebihan bisa jadi lebih mudah ya dibanding menerima kekurangan. Rasanya lebih mudah untuk bersyukur saat kita sadar akan segala kelebihan kita. Setiap kali ada yang memuji kelebihan kita (padahal pujian adalah ujian), pasti kita berucap alhamdulillaah maa syaa Allah :). Kelebihan yang kita punya lebih bisa membuat kita merasa senang, merasa beruntung, atau merasa percaya diri.

Diberi kelebihan sebenarnya adalah ujian untuk kita. Seberapa besar rasa syukur kita dengan adanya kelebihan-kelebihan itu. Apakah dengan ujian berupa kelebihan-kelebihan yang kita miliki itu, kita bisa tetap rendah hati, tak ada rasa berbangga diri yang berlebihan, atau merasa lebih dari orang lain yang kemudian membuat kita tinggi hati.
 

Lalu gimana dengan kekurangan ?? Tak banyak orang yang bisa menerima kekurangan dengan baik. Mudah-mudahan kita termasuk yang bisa menerima segala kekurangan diri dengan baik ya ;) aamiin. Kekurangan juga adalah hal yang wajib kita syukuri. Banyak hikmah dibalik setiap kekurangan diri. Kekurangan mengajarkan kita untuk lebih rendah hati, mengajarkan kita untuk sabar, dan juga mengajarkan kita untuk tak mudah iri melihat kelebihan orang lain.
 

Kekurangan juga ujian buat kita. Ujian sabar dan syukur. Sabar untuk tak banyak mengeluh, sabar untuk gak merasa rendah diri dengan kekurangan kita, ataupun sabar untuk tak melakukan hal-hal yang bisa jadi gak berkah demi penampilan yang menurut kita sempurna.
 

Apapun itu, kelebihan maupun kekurangan keduanya sama-sama ujian bagi kita. Tak perlu berkecil hati dengan adanya kekurangan pada diri kita. Terimalah setiap kekurangan sebagai bagian yang unik. Kekurangan diri justru bisa menjadi kelebihan jika kita mampu menggali potensi yang ada dalam diri dengan baik.

Kekurangan dalam diri pun dapat berbuah banyak pahala jikalau kita tetap bersyukur atas kekurangan, tetap sabar dan ikhlas. Huznudzon terhadap Allah.

Aku Rindu