Mar 11, 2016

Mempengaruhi Merubah Perasaan

Mempengaruhi merupakan salah satu keahlian yang paling penting untuk dikembangkan untuk memegang kendali dan meraih semua yang ingin Anda dapatkan dalam kehidupan. Menerapkan kemampuan ini akan membuat perbedaan antara berharap untuk masa depan yang lebih baik dan mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Orang yang hebat adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain, sehingga orang lain tersebut dapat berubah pikiran mengenai suatu hal. Para kreator iklan adalah contohnya. Membuat suatu produk selalu tampak menarik, sehingga membuat orang ingin membelinya.

Namun, yang lebih hebat dari itu adalah orang yang mampu membuat orang lain berubah perasaan. Dari tak suka berubah jadi suka. Dari benci berganti menjadi cinta. Saya mengenal beberapa orang yang seperti itu. 

Guru sejarahku semasa SMA, contohnya. Mereka membuatku berubah perasaan tentang pelajaran sejarah yang awalnya hanya kupelajari setengah hati menjadi kucintai setengah mati.

Saya belajar bahwa dalam hidup, kita mungkin tidak suka atau benci pada sesuatu. Tapi tak ada yang abadi di dunia ini, termasuk juga perasaan.

Kemarin tak suka, bisa jadi hari ini berubah suka. Hari ini benci, lusa mungkin jadi cinta.

Dan berterima kasihlah pada orang-orang yang bisa membuatmu berubah perasaan. Berterima kasihlah kepada orang yang bisa membuatmu jatuh cinta. 

Jatuh cinta pada ilmu, pada alam, pada hewan, pada kedamaian, pada pengorbanan, pada keadilan, kemanusiaan, kebenaran, pada hati yang tulus.

Ada begitu banyak orang hebat seperti itu. Ibu kita, Ayah kita, Nabi dan Rasul, para seniman, para guru, para tokoh agama, dan teman-teman kita yang mengenalkan kita pada jenis cinta yang banyak jumlahnya.

Dari mereka kita belajar bahwa cinta ada di mana-mana. Meliputi seluruh ruang dan waktu. Mengangkasa dan membumi. Dan kita akan selalu bisa merasakannya selama kita membuka pintu hati kita untuknya. 

Ketidaktahuan kita pada sesuatu seringkali menjadi penyebab munculnya kebencian. Maka dunia akan selalu butuh orang-orang seperti itu. Orang-orang yang punya misi menyebarkan cinta. Orang yang tulus membantu kita melihat dari jarak yang lebih dekat. Agar kita lebih kenal, lebih paham, dan syukur-syukur berubah perasaan jadi cinta.

Karena yang tidak kita ketahui, boleh jadi sebenarnya baik untuk kita.

Aku Rindu