Jan 13, 2016

Hal Baik Jangan Di Simpan Sendiri

Seringkali, hal-hal baik yang ada dalam diri atau hidup kita menjadi tak sama baiknya ketika itu disimpan sendiri. Seperti air yang tersimpan di sebuah ember dalam waktu yang lama, air itu akan berubah menjadi tidak sehat : menjadi tempat jentik berkembang biak dan akhirnya menjadi penyakit.
Hal baik, jangan disimpan sendiri. Senyum misalnya. Senyumanmu itu, dalam keadaan apapun, akan selalu indah. Menjadi teduh bagi orang yang melihat, menjadi kelegaan bagi hati yang gelisah dan menjadi obat bagi sesamamu. Kebaikan itu bisa tersebar dengan baik agar menjadi lebih baik, salah satunya melalui senyuman.
Hal baik, jangan disimpan sendiri. Kecerdasan misalnya. Kecerdasanmu itu bisa menjadi cahaya, pelita bagi siapa saja yang ingin berjalan di dalam kegelapan. Dengan kecerdasan yang kamu bagikan kepada orang lain, isi kepalamu tak akan berkurang, bahkan bertambah karena berkah dan hikmah. Kebaikan itu bisa dilakukan dengan apa saja, misalnya dengan memanfaatkan kecerdasan agar banyak orang merasakan cahaya ilmu.
Hal baik, jangan disimpan sendiri. Harta misalnya. Hartamu itu, akan menjadi kebaikan yang berantai-rantai jika diberikan kepada yang memerlukan dan berhak menerimanya. Karena dengan membagikannya, kamu telah mengubah harta menjadi perisai yang akan melindungimu, dari api neraka tentunya.
Kebaikan, dalam bentuk apapun, tak akan sama baiknya jika hanya disimpan sendiri. Ayo menebar kebaikan, dengan sekecil apapun upaya yang bisa kamu lakukan.

Aku Rindu