Dec 12, 2015

Eling Karo Bojomu, Waspada Ojo Nganti Selingkuh



Ajaran Ronggowarsito tersebut mengandung semangat yang sangat positif. Eling, dimaknai sebagai selalu ingat akan kebenaran dan kebaikan. Maka dalam kehidupan berumah tangga, eling harus dimaknai sebagai selalu ingat akan rambu-rambu kebenaran dan kebaikan dalam menjalani hidup berumah tangga. 

Ingat bahwa anda sudah memiliki pasangan yang sah atas nama negara dan agama. Ingat anda sudah memiliki suami atau istri. Ingat anda sudah memiliki anak-anak. Ingat pernikahan adalah akad atas nama Allah yang dicatat dalam lembar dokumen negara. Ingat bahwa sebagai suami dan istri harus menjalankan peran, kewajiban dan tanggung jawabnya. Ingat bahwa sebagai suami dan istri harus selalu berusaha merawat cinta dan kasih sayang. Ingat bahwa sebagai suami dan istri mereka harus saling percaya, saling menjaga dan saling setia. Ingat bahwa sebagai suami dan istri mereka harus saling menguatkan untuk menetapi tuntunan agama dan menjalankan berbagai kewajibannya. 

Sedangkan waspada (waspodo) adalah ajaran agar selalu mewaspadai adanya godaan, ancaman, tantangan, gangguan, hambatan dalam menjalani hidup berumah tangga. Pasangan suami dan istri harus selalu waspada, agar tidak tergoda oleh ajakan untuk melakukan perselingkuhan. Jangan sampai terpeleset dan terperosok dalam perbuatan yang tercela, yang akan membawa petaka dalam kehidupan berumah tangga.

Waspada akan banyaknya godaan, bahwa ada banyak wanita idaman lain dan pria idaman lain yang bisa merusak kebahagiaan keluarga. Waspada untuk selalu membentengi diri dan keluarga dari berbagai pengaruh negatif akibat kemajuan zaman. 

Jadi, jangan dibalik-balik ya.... Elingo karo bojomu, waspodo ojo nganti siro kepencut wanito liyo. Elingo karo lanangmu, waspodo ojo nganti siro kepencut priyo liyo. Begitu harusnya kita memahami pitutur eling lan waspada.

Aku Rindu