Jul 16, 2015

Sumber Kebahagiaan

pada dasarnya kebahagiaan itu tidak perlu dikejar. kebahagiaan hanya perlu dihadirkan. kita dan kebahagiaan layaknya ikan yang hidup di dalam air. ke manapun ikan mencari air, ikan tak akan pernah menemukannya–sebab ikan hidup di dalamnya. 

tapi bagaimanapun, kita tetap harus tau apa yang menjadi sumber kebahagiaan kita. apa kita benar-benar bahagia karena itu? atau karena orang lain bahagia dengan sumber yang sama?
apa kita saja yang bahagia? atau orang lain juga ikut bahagia karenanya?


jangan-jangan, sumber kebahagiaan kita malah terletak pada–bagaimana kita dinilai oleh orang lain, bukan pada bagaimana kita bisa membahagiakan orang lain (dan diri sendiri).

tau sumber kebahagiaan itu penting. sebab pada akhirnya, meskipun kita bisa mendapatkan segala macam kebahagiaan dari segala jenis sumber, dengan segala yang kita bisa lakukan dan miliki–kebahagiaan tersejati datang dari keluarga kita. dan kita punya sumber daya yang terbatas untuk mendapatkannya, yaitu waktu dan tenaga.

iya, kita harus cari tau lagi sumber kebahagiaan kita apa. yang membuat kita bahagia pada hakikat, bukan pada yang terlihat. yang membuat seluruh dunia bahagia, namun terutama diri sendiri juga. dan tentu membuat keluarga kita bahagia.

sebab walaupun menjadi bahagia adalah tanggung jawab setiap anggota keluarga, saling membahagiakan adalah bentuk cinta yang paling nyata.

aku nggak janji aku bisa membahagiakan kita semua. tapi aku janji keluarga kita selalu bahagia, karena aku bahagia. karena sumber kebahagiaanku tidak mengada-ada.

Aku Rindu