Jul 16, 2015

Hati Perempuan

perempuan adalah penikmat yang ulung. mereka suka menikmati perasaan-perasaan, apalagi perasaan tak nyaman.
mereka suka jatuh galau pada cintanya. mereka suka menimbun rindu yang tidak ada obatnya. mereka suka mengejar tanpa bergerak dan menikmati jika yang dikejar semakin tak bergerak, semakin jauh. mereka suka rasa kecewa setelah perjuangan memberikan segalanya. mereka suka mati-matian ingin menarik perhatian, ingin menjadi cantik lahir dan batinnya.

perempuan suka menjadi yang memiliki perasaan itu. menjadi yang lebih banyak berjuang, yang lebih banyak memberi, yang lebih dahulu jatuh hati, yang lebih banyak mengagumi, menyayangi, mencintai.

tapi pada akhirnya, perempuan tidak memilih menjadi yang memiliki perasaan itu. perempuan memilih yang memiliki perasaan itu–pada dirinya.

sebab perempuan mudah sekali dibuat jatuh cinta, mudah menyamai apa-apa yang dilakukan seseorang kepadanya. sebab meskipun dalam jangka pendek dalam masa penantian perempuan menikmati perasaan tak nyaman, dalam jangka panjang dalam masa pernikahan perempuan tak bisa merasa tak nyaman. perasaan perempuan yang demikian bisa menjadi granat bagi pernikahan.

barangkali juga sebab laki-laki susah sekali dibuat jatuh cinta. sebab laki-laki sulit dibuat ajek perasaannya. sebab laki-laki tak punya masa daluwarsa. sebab perbandingan jumlah laki-laki dengan perempuan sudah mencapai satu banding tiga. sebab laki-laki punya hak untuk mendua, membagi hati dan hidupnya–sedang perasaan perempuan yang paling nikmat adalah menjadi satu-satunya.

jangan konyol. menikahlah dengan seseorang yang memiliki perasaan itu, bukan dengan seseorang yang kepadanya kau memiliki perasaan itu.

Aku Rindu