Oct 4, 2018

Kebaikan

Mengajak kepada kebaikan itu memang baik, tapi belum tentu niat baik kita bisa diterima oleh orang lain. Ada saja halangan atau rintangan yang menghadang, membuat kita enggan dan terasa ingin mundur teratur. Namun, ada pula yang menyambutnya dengan suka cita, ramah, dan bersahabat.

Menjadi volunteer (relawan) merupakan tugas mulia, karena ia hanya mengharapkan ridho Allah Swt. Banyak suka-duka yang dialami, mulai dari pandangan sinis tak bersahabat, cuek, hingga cacian, makian, bahkan ada yang menggerutu di belakang kita.

Semua itu jadikan sebagai pelajaran, sebagai kekuatan untuk lebih baik lagi, semakin sabar, mempelajari berbagai watak orang, pengalaman, dan beribu hikmah yang akan kita dapatkan dari hal-hal tersebut.

Tapi jangan lantas kita membalas mereka dengan perlakuan yang lebih buruk lagi. Doakan semoga mereka sadar dan mau berbagi untuk sesama.

Kita mengira, kita kaya dengan memiliki tabungan, deposito, investasi di sana-sini. Padahal, harta kita sesungguhnya adalah harta yang dibelanjakan di jalan Allah. Harta abadi kita yang menemani sampai ke akhirat adalah amalan-amalan yang kita kerjakan karena Allah.

Jangan meresa kecil hati atau “tersindir” ketika mereka tidak mau beramal, justru kasihan kepada mereka karena “menolak tiket surga”. Menolak untuk kebaikan mereka sendiri. Doakan mereka agar di lain kesempatan bisa ikut andil dalam membantu saudara-saudara muslim lainnya.

Ketika kita niatkan segalanya hanya untuk Allah, insya Allah segalanya akan menjadi ringan tatkala penolakan-penolakan itu menerpa, bukan seberapa banyak mereka memberi, namun keikhlasan kita ketika niat baik kita tidak diterima bahkan dicibir atau dicemooh.

Ada juga yang memberi komentar negatif ini-itu, semuanya dibutuhkan kesabaran ekstra. Mereka mungkin belum paham, belum tahu, atau mungkin hati mereka masih tertutup, kurang peka dengan yang disampaikan.

Aku Rindu