Aug 4, 2017

Indah Pada Waktunya

Setiap orang punya ujiannya masing-masing.
Ada yang diuji dengan harta, hartanya bergelimpangan tetapi punya anak satu pun belum.

Ada yang diuji dengan kekurangan, anaknya banyak tetapi sering kali buat makan saja kurang.

Ada yang diuji dengan kepintaran, sekalinya mendekat pada Allah kemudian Allah uji dengan menjatuhkan nilai-nilai mata kuliahnya, masih kah ia berharap pada Allah dan menyadari bahwa semua ilmu hanyalah milik Allah?

Ada yang diuji dengan kecantikan, parasnya menawan, tubuhnya ideal, kemudian mampukah ia menjaganya disamping banyaknya godaan untuk mengumbar itu semua demi mendapatkan pujian dari manusia.

Ada yang diuji dengan jabatan, jabatannya tinggi tetapi mampukah ia untuk berlaku adil bagi semuanya?

Ada yang diuji dengan kesakitan, ditengah sakit yang diterimanya masihkah ia berharap kesembuhan hanya dari Allah semata.

Kalau bahas soal ujian entah sudah berapa banyak ujian yang kita lewati mulai dari ujian sekolah sampai ujian kehidupan. Ujian memang tidak akan ada habisnya sampai kita pulang kembali pada Allah.

Tetapi dibalik ujian selalu ada hikmah (pelajaran) yang bisa kita petik, yang nantinya bisa menjadi pegangan bagi kita, hikmahnya akan selalu bisa kita resapi.

Mungkin kalau keadaan kita sekarang ini dengan segala kekurangan. Hidup pas-pasan hingga kita harus pintar-pintar berhemat demi bisa melanjuti hidup.

Hidup dengan kapasitas otak yang juga kurang dibandingkan teman yang lain. Mungkin Allah ingin kita lebih banyak belajar, karena Allah yang paling tahu posisi kita.

Dan bisa jadi kalau kita dalam kehidupan yang melenakkan, kita menjadi sombong. Allah tidak mau hal itu terjadi pada kita.

Mari kita hayati ujian yang datang pada kita. Mencari hikmah dibaliknya dan resapi. Minta yang terbaik dari Allah.

InsyaAllah semua akan indah pada waktunya

Aku Rindu