Apr 14, 2017

Setelah Kita Kehilangan, Sesuatu Itu Akan Jauh Lebih Berharga

Mungkin banyak hal didalam hidup kita yang hilang. Dan setelah kita kehilangannya malah terasa begitu sangat berharga untuk kita. Mungkin kenapa kita sering merasa sesuatu itu jauh lebih berharga setelah hilang. Karena agar kita tidak menyia-nyaiakan apa pun yang kita miliki.

Karena kebanyakan dari kita terkadang hanya menyia-nyaiakan apa yang kita miliki saat ini. Tanpa ingin menjaganya dan tanpa bersyukur karena sudah kamu dapatkan. Tapi setelah hilang baru kamu sadari bahwa ia sangat berharga buat kamu.

Kalau masih jadi milik kita, kayaknya biasa saja. Gak terlalu berharga atau bahkan terkadang hanya disia-siakan begitu saja. Entah barang atau apa pun itu. Sama halnya dengan seseorang yang kita miliki, mungkin saat kamu masih dengannya kamu tidak perlau menganggapnya berharga buat kamu.

Kamu juga sering menyia-nyiakan keberadaannya. Tetapi setelah dia pergi meninggalkan kamu, saat itu juga kamu bakalan ngerasa bahwa dia itu sangat berharga. Bahkan dengan kejadian yang seperti ini percaya betapa berharganya ia setelah kita kehilangannya.

Sepertinya semua orang yang merasa kehilangan. Tetapi tidak sedikit dari mereka setelah kehilangan kemudian mereka akan merasa bahwa sesuatu yang hilang itu sangat berarti baginya. Mungkin akan menyesal juga tidak disimpan dengan baik atau sebagianya.

Setelah hilang baru dicari kemana-mana berharap ketemu. Padahal kalau dulu masih ada, lihat berserakan dimana-mana tidak ditolong dan tidak disimpan. Itu hanya sebatas barang apalagi kalau orang yang disia-siakan terus pergi.

Barang yang kamu miliki saja kalau terlalu sering dibiarkan begitu saja, bakalan hilang juga. Apalagi dengan seseorang, ketika seseorang itu memiliki perasaan terhadap kita, kita malah menyia-nyiakannya. Sekalipun seseorang itu selalu peduli, selalu perhatian, kita tetap saja seolah-olah tidak butuh.

Tetapi ketika dia mulai berhenti peduli terhadap kita, berhenti perhatian sama kita, bahkan dia pergi meninggalkan kita. Saat itu kita baru sadar bahwa sebenarnya kita butuh terhadapnya. Kita baru tau bahwa seseorang itu sangat berharga untuk kita.
 
Alangakah baiknya, apapun itu jangan disia-siakan. Sekalipun itu hanya barang yang menurut kita tidak penting. Lebih baik simpan dengan baik dan rapi, siapa tau suatu saat kita sangat membutuhkannya. Kalau sudah butuh tinggal mengambil dan tidak pusing yang mencari kesana kemari.

Beda halnya kalau masih ada cuma gak dianggap, atau malah terlihat berserakan malah dibiarin begitu saja. Giliran butuh malah dicari dan gak taunya sudah hilang entah kemana. Mau dicari kemanapun ya gak ketemu, nyesel kan jadinya, siapa yang susah ya, kita sendiri.

Yang disia-siakan akan kita butuhkan juga pada waktunya. Maka lebih baik jangan menyia-nyiakan apa pun yang telah kita miliki. Mungkin saat ini tidak butuh siapa tau besok atau lusa malah sangat membutuhkannya. Jangan baru sadar setelah kehilangan bahwa ia sangat berharga buat kita.

Aku Rindu