Oct 22, 2016

Bagi Saya, Perempuan Harus Pandai Memasak

Garang asem kepala ikan

Perempuan yang pandai memasak memiliki nilai tambah tersendiri bagi sebagian pria. Jaman sekarang banyak wanita karier, namun tidak membuat perempuan yang pandai memasak kehilangan kans sebagai calon istri. Alasan yang paling sederhana, yaitu para wanita tersebut mampu mengurusi urusan dapur dan urusan rumah tangga secara lihai dan terampil.

Perempuan yang pandai memasak merupakan perempuan yang pengetahuannya luas dalam membina rumah tangga. Pada umumnya perempuan yang pandai memasak memiliki prinsip yang cukup idealis dalam membina suatu rumah tangga. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kemampuan para perempuan tersebut dalam menyiapkan dan menyajikan makanan yang sehat dan bergizi bagi tumbuh kembang putra-putrinya.

Soto daging

Pandai memasak bukan masalah bakat semata, akan tetapi perlu ditunjang disiplin dan rajin dalam mengurusi rumah.

Bagi saya menjadi ibu rumah tangga memang harus pandai masak. ini bukan saja karena alasan agar suami tak mencari pemenuhan perkara perut di luar. namun karena dengan memasaklah dia bisa mengekspresikan cinta pada seluruh keluarga. cinta yang demikian sakral dan rumit bisa diwujudkan sedemikian sederhana dalam sepiring makanan.
Ikan laut asam manis

Contoh nyata kenapa ibu harus pandai masak adalah apa yang terjadi di keluarga kami.

Dalam sekali masak saya terkadang harus menyiapkan menu sampai tiga macam untuk kami sekeluarga. ini bukan perkara berlebihan dalam menurutkan selera. masalahnya adalah terkadang adakalanya diantara kami memang gak cocok dengan menu yang lain.


Sayur asem klentang

Suami misalnya, dulu ketika masih awal nikah tak pernah protes ketika di masakkan makanan yang sama. asal tidak pedas mas paijo lahap memakannya.
Opor ayam labu siam

Namun makin kesini makin nampak apa yang menjadi kecenderungan mas paijo. Suka banget dengan menu yang bernama ikan. Ketika saya memasak ikan terpaksa saya terkadang menu yang lain. Karna saya sendiri suka yang namanya sayur, bosen kale ya menu ikan terus, bagi saya makan kalau gak ada sayur sama seperti makan gak pakai nasi hehe....

inilah alasannya kenapa saya bilang perempuan itu harus pandai masak. karna jujur saja, ada kalanya saya bingung harus masak apa agar semua sama-sama lahap untuk makan. Tapi saya berusaha mencoba memasak dengan berbagai resep yang berbeda-beda setiap harinya supaya tidak bosan, dan itulah hasilnya saya abadikan menjadi foto yang cantik, rasanya juga gak kalah sama yang di sana loh hehe..


Pakcoy saus tiram

Ow iya, ada yang bilang soal masak bisa 'didelegasikan' pada yang lain. pada ART (asisten rumah tangga) misalnya jika kita memang mampu membiayainya. atau bisa cateringan. atau langsung hunting makanan di luaran.

"lebih seru." kata seorang kawan.

Bisa saja begitu. untuk jaman sekarang segala kebutuhan bisa di penuhi dengan begitu mudah.

Lontong sayur

Tapi ketahuilah, suguhan sepiring makanan, sesederhana apapun bentuknya, satu bikinan istri sementara yang lain bikinan orang antah berantah, nilainya selalu lebih istimewa bikinan istri loh.

Saya pribadi mengartikan bahwa dalam masakan istri, sesederhana apapun masakanya, selalu ada bumbu cinta di dalamnya. Sementara menu yang di jual di luaran sana, meski juga jelas ada bumbu cintanya, arti makanan yang tersaji sangat berbeda.


Lele bumbu rujak

Bukankah memang berbeda cinta yang di hidang oleh istri kita dengan cinta yang di hidang oleh tukang dagang?

itulah yang di maksud.


Rata-rata wanita yang pandai dalam urusan dapur memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap keluarganya. Bagi mereka jika hubungan keluarga inti rusak, maka akan merusak segalanya. Jadi, wanita bertipe ini akan berusaha mempertahankan hubungan rumah tangganya dengan penuh kasih sayang.

Kepala ikan kemangi

Istri yang bertipe pandai dalam urusan dapur pun tidak segan dan kaku dalam mengatur urusan rumah tangga. Baik itu mulai dari makan, pendidikan anak, hingga biaya jajan anak semua bisa ditangani dengan disipilin dan baik. Suami pun di luar kota tidak cemas dan mampu menyelesaikan urusannya tanpa beban, untuk kemudian balik ke rumah dan menyaksikan kondisi rumah dalam keadaan baik. Baik saat sebelum menikah hingga saat ini ketika sudah memiliki anak dan sedang membesarkan mereka.

Tom yam udang
 
Bagi kalian perempuan yang pandai memasak, saluutttt deh buat kaliaannn semuaa. Mulai dari sekarang kalian mesti bangga dan terus mengembangkan potensi yang kalian miliki. Jadilah sosok istri dan ibu yang membanggakan suami, anak, dan keluarga. Sukses terus buat para perempuan.

Aku Rindu