Apr 12, 2014

Tentang Emosi



Emosi adalah sesuatu yang berguna dalam dosis yang proporsional. Emosi adalah pendorong yang membuat kita mengambil keputusan untuk bertindak. Emosi adalah percikan api yang memantik pembakaran mesin dalam diri kita. Tapi seperti api, emosi yang dalam jumlah berlebihan justru akan merusak segala sesuatu yang telah kita bangun dengan bersusah payah.

Marah itu wajar, tapi kemarahan yang terus menerus merusak pikiran dan tubuhmu. Dalam kondisi marah, otakmu tidak bisa berpikir rasional. Karena itu jangan mengambil keputusan ketika kamu sedang marah. Selesaikan kemarahanmu dengan menyadari bahwa ada tindakan yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Selesaikan marahmu sesegera mungkin, sebisa mungkin pada hari yang sama. Supaya kamu tidur nyenyak tanpa mengendapkan kemarahanmu dalam pikiran bawah sadarmu.

Kecewa itu wajar, tapi kekecewaan yang berlarut-larut hanya akan menjauhkanmu dari pintu keluar masalah. Gunakan kekecewaan untuk membuatmu sadar bahwa kamu belum cukup bertindak atau bertindak dengan cara yang salah. Ambil keputusan untuk mengubah pendekatanmu atau meningkatkan usahamu, lalu bersyukurlah karena kekecewaanmu telah membuatmu menjadi lebih baik.

Sedih itu wajar, tapi kesedihan yang tidak disadari akan mendekatkanmu kepada kematian. Ada hal-hal yang memang tidak bisa diubah, namun ada pula hal-hal yang masih bisa diubah. Terimalah hal-hal yang tidak bisa diubah dengan ikhlas dan lapang dada dan berusahalah sekuat mungkin untuk mengubah hal-hal yang bisa kamu ubah. Ada hal yang aneh tentang ikhlas melepas hal-hal yang tidak bisa diubah. Ketika kamu ikhlas, maka ada pintu lain yang terbuka, peluang yang terlihat, jalan yang terang, dan berbagai macam keajaiban. Kadangkala malah apa yang telah kau ikhlaskan justru kembali kepadamu.

Bahagia itu bagus, tapi kebahagiaan yang berlebihan bisa membuatmu terlena hingga lupa apa yang seharusnya dilakukan. Ketika kamu bahagia, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bersyukur. Ucapkan terimakasih. Kebahagiaanmu adalah upah atas kerja keras yang telah kamu lakukan. Bersyukurlah lalu rayakanlah bersama orang-orang yang kamu cintai. Berikan penghargaan pada dirimu sendiri karena telah berhasil mencapai tujuanmu. Bahkan ketika kamu gagal, berikan penghargaan pada dirimu sendiri karena kamu telah mencoba dan berusaha dengan sungguh-sungguh.

Emosi adalah bagian dari dirimu, dari sistem kerja otakmu. Manfaatkanlah.


By indrajied’

Aku Rindu