Oct 8, 2018

Tentang Jodoh

Hal yang sangat sering dibahas diusia remaja adalah tentang jodoh. Kenapa? Karena memang kita tak ingin selamanya menyendiri, juga tak ingin selamanya sholat malam tanpa ditemani.
Memilih jodoh sebenarnya bukan perkara yang mudah, memilih jodoh juga bukan perkara yang sulit. Karena parameternya bukan hanya ganteng atau cantik, bukan juga banyaknya materi atau ketertarikan hati. Tapi parameternya diri kita sendiri. Pantaskah kita mendapatkan apa yang kita ingini?
Yang sering kita lakukan adalah, selalu mencari yang terbaik, memilah dan memilih. Tanpa kita sadari bahwa kita juga harus memantaskan diri terhadap apa yang kita ingini. Ingin kriteria nilai A tapi bila kita menilai diri sendiri, nilai kita masih C. Bisakah kita bertanya, pantaskah diri ini?
Hal lain yang menarik adalah ketika memilih jodoh adalah dengan cara yang tidak dibenarkan, padahal kita semua ingin pendamping hidup yang benar. Yang sering kita dengar adalah berjenggot tapi pacaran, berkerudung panjang tapi doyan menggibah. Atau pun sebaliknya, atau mungkin saja ada kriteria-kriteria lain.
Dalam memilih jodoh tentunya kita harus selektif, karena pasangan yang akan kita pilih akan bersama kita bukan dalam hitungan yang sebentar, tapi sangat lama. Bahkan, bukan hanya di dunia, tapi juga ingin bersamanya di surga.

Aku Rindu