Nov 1, 2017

Melakukan Kebaikan

Saya senang memperhatikan orang, melihat mereka bertindak, melihat ekspresi mereka. Membuat saya ingin mengenal mereka, saya mungkin terlalu ingin tau tentang orang-orang yang saya kenal, katanya saya ini kepo, padahal sebenarnya saya hanya ingin mengetahui, memperhatikan, memikirkan, dan diam. Itu saja.

Ya, mungkin itu bentuk kasih sayang saya, karena ketika saya tau orang tersebut sedang dalam masalah maka semoga saya bisa membantu. Karena ketika saya memperhatikan kebaikan mereka maka saya akan bahagia meskipun kebaikan itu bukan untuk saya, dan ketika mereka berbuat sebaliknya, maka saya akan merasa tak suka. Sederhana.

Karena saya juga visual, sedikit banyak apa yang saya lihat dan perhatikan akan langsung terserap dan diolah di otak saya. Cara orang tersenyum itu sangat beragam, cara orang bergembira, tertawa, atau sedih, semua ada perbedaan tanpa kehilangan cirinya masing-masing.

Dan perbedaan itu indah sekali.

Ketika saya memperhatikan, saya seperti bercermin dan mencari. Saya sangat bahagia melihat orang melakukan kebaikan, maka saya pun akan melakukan kebaikan. Saya tak suka melihat orang berbuat tak baik, maka saya (semoga) tak akan berbuat apa yang saya sendiri tak sukai.

Aku Rindu