Aug 14, 2017

Introspeksi Diri Untuk Memperbaiki Diri

Yang perlu dilakukan ketika menghadapai kegagalan adalah instropeksi diri, apa yang salah dalam langkah menjalankan usaha ataupun kepemimpinan. Kita mempelajari kesalahan-kesalahan tersebut dan menyiapkan strategi yang lebih baik lagi. Kemudian memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dan menjalankan strategi yang telah dipersiapkan. kemudian antisipasi agar tidak terjadi kesalahan yang kedua kalinya dan menyiapkan rencana cadangan agar siap dengan apapun yang akan terjadi.

Mengembangkan diri dan usaha.
Setelah kita memperbaiki kesalahan-kesalahan, serta usaha yang telah mengalami berbagai macam masalah dan juga kegagalan. Tugas selanjutnya adalah mengembangkan diri. Dalam pengembangan diri atau usaha tentunya diperlukan cara-cara yang baik pula, untuk menghindari resiko gagal untuk yang kedua kalinya. Lakukan yang terbaik untuk diri dan usaha kita.

Mempertahankan usaha.
Mencapai kesuksesan memang sulit tapi lebih sulit lagi adalah mempertahankan apa yang telah dicapai. Jangan sekali-sekali mengkhianati cara-cara yang baik yang telah dikerjakan. Misalnya awal buka usaha pelayanan begitu hangat dan baik, ketika sudah jadi pelanggan dicuekin dan tidak dilayani dengan baik.

Ketika awal buka, rasa makanan sungguh lezat dan enak, tapi ketika sudah sukses dikurangi bumbu, sehingga rasanya menjadi biasa saja atau tidak seenak dahulu. Komponen utama untuk mempertahankan usaha adalah menjaga kepercayaan.

Memang untuk mencapai kesuksesan kita harus menghadapi proses, dari kegagalan-kegalan dan rintangan-rintangan baik yang kecil atau besar. Kita harus mengetahui penyebab-penyebab kegagalan, kemudian mencari solusi dari kegagalan tersebut. Tentunya kita harus bangkit dari kegagalan tersebut dan menjadikannya pelajaran yang berharga. Sukses dengan proses? Itu memang mutlak dilakukan, tanpa proses sukses itu sulit akan terwujud.

Aku Rindu