Apr 25, 2017

Saling Berbagi dan Percaya

Tidak ada pernikahan yang sempurna. Setiap pernikahan punya pergumulannya sendiri-sendiri. Setiap pasangan punya permasalahannya sendiri sendiri. 

Salah satu penyebab utama dalam masalah pernikahan adalah kecurigaan dan ketidakpercayaan. Pernikahan adalah suatu berkah, namun banyak orang yang menjadikannya sebagai kutukan karena kurangnya pengertian.

Ada yang masalahnya sangat jelas terlihat. Ada yang tidak diduga. Ada yang suka mengeluh. Ada yang tidak. Semakin baik pernikahan seseorang berarti semakin keras mereka berusaha menekan ego masing-masing untuk membuat hubungan tersebut berjalan baik. Tidak ada yang bagus sendiri dari sananya.

Karena memilih sifat pasangan hidup itu seperti memilih sesuatu yang akan kita hadapi seumur hidup.

Dalam pernikahan, baik sang suami maupun istri haruslah memperlihatkan rasa percaya satu sama lainnya dan berusaha untuk tidak punya rahasia di antara mereka berdua. Rahasia menciptakan kecurigaaan, kecurigaan menimbulkan rasa cemburu, rasa cemburu membangkitkan kemarahan, kemarahan menyebabkan permusuhan dan permusuhan dapat berakibat pada perpisahan, bunuh diri atau bahkan pembunuhan.

Jika pasangan itu dapat saling berbagi kepahitan dan kebahagiaan dalam keseharian hidup mereka, mereka dapat saling menghibur dan mengurangi beban mereka. Karenanya, sang istri maupun sang suami mestinya janganlah mengharap akan terus memperoleh kebahagiaan semata. Bakal ada begitu banyak pengalaman yang menyakitkan, menyedihkan yang harus mereka hadapi. Mereka musti memiliki keteguhan hati yang kuat untuk mengurangi beban dan kesalahpahaman mereka. Membicarakan permasalahan bersama akan memberikan keyakinan untuk hidup bersama dengan pengertian yang lebih baik bagi mereka.

Bagi saya di dalam pernikahaan, pria dan wanita perlu saling menghibur ketika menghadapi masalah dan rintangan. Bahagianya saya mempunyai suami mas paijo yang selalu menghibur saya dalam keadaan apapun, karena mas paijo memang tipe orang yang tidak pernah marah dan sedih. Rasa tak aman dan kegelisahan akan menghilang dan hidup akan lebih bermakna, bahagia dan menarik jika ada seseorang yang bersedia untuk berbagi menanggung beban dengan yang lain.

Aku Rindu