Apr 5, 2017

Pandai Menjaga Jarak

Sebab seseorang bisa move on, bangkit setelah terjatuh, mereka yang melanjutkan hidup setelah dipatahkan hatinya, dan si penerima atas segala kehilangannya, adalah karena mereka mampu menjaga jarak dengan persoalan hidupnya. Termasuk berpisah atau ditinggalakan orang yang dicintai.

Bentang jarak yang mereka ciptakan
menyelamatkan diri dari berbagai penyakit atau masalah hati dan rasa. Seperti mendendam, bersedih, gelisah, menggalau, serta berbagai beban hati dan pikiran.


Orang yang pandai menjaga jarak dengan masalah dunianya adalah mereka yang tak berjarak dengan Tuhannya. Dia begitu dekat. Dekat sekali. Bahkan menyatu dalam diri. Mereka mampu mengendalikan emosi dan bersegera menghadirkan ketentraman internal.

Kemampuan mengendalikan diri itu lahir dari pemahaman bahwa semua persoalan punya jawaban, segala kehilangan akan tergantikan dan berbagai ujian ujungnya adalah bahagia.

Mereka tidak menggugat atau mengutuk hak prerogatif Nya. Seluruh masalah hidup dikembalikan kepadaNya. Mereka hanya bergerak sebatas pada ranah ikhtiar atau usaha. Lalu menjaga jarak dengan apapun yang menghambat laju langkah.

Aku Rindu