Jul 13, 2016

Konsisten

Tahukah kamu? Memulai itu sulit, tapi ternyata ada yang lebih sulit untuk dilakukan daripada memulai itu sendiri, yaitu konsisten dan bertahan untuk menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Konsistensi dan ketahanan diri itu mahal karena pada kenyataannya keduanya sulit untuk dilakukan.

Tidak semua orang mampu konsisten, kecuali mereka yang memang berkemauan kuat dan memahami bahwa konsisten juga adalah bagian dari menepati janji pada diri sendiri. Tidak semua orang mampu bertahan, kecuali mereka yang sadar dan tetap mengingat mengapa mereka memulai. Tidak semua orang mampu menyelesaikan apa yang sudah dimulai, kecuali mereka yang menyadari tujuan dan berhasil mengalahkan gangguan-gangguan di sepanjang perjalanan.

Jangan memperturutkan perasaan dan ego pribadi hingga memutuskan untuk berhenti di tengah jalan! Ketika sudah memulai sesuatu, selesaikanlah! Bagaimana bisa kamu menjadi orang yang selalu menepati janji kepada orang lain jika kamu saja kesulitan untuk menepati janji pada dirimu sendiri?

Deadline yang menumpuk, selesaikanlah! Tulisan-tulisan yang setengah matang, lanjutkanlah! Janji yang sudah dibuat, tepatilah! Komitmen yang sudah dideklarasikan, perjuangkanlah!

Jangan berhenti di tengah jalan, karena seringnya perasaan tidak mampu melanjutkan apa yang sudah dimulai itu hanya ada di dalam kepalamu saja. Selamat berjuang!

Aku Rindu