May 11, 2016

Indahnya Pantai Pandawa Kutuh, Bali



Keindahan Pulau Bali memang tak ada habisnya. Pesona alam, keindahan budaya hingga ritual kegiatan agama selalu terasa memukau.
 
Bali merupakan pulau yang ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun asing setiap tahunnya. Salah satu pantai yang cukup terkenal di Bali adalah Pantai Kuta, namun Kuta kini sudah tidak seindah dulu. Banyaknya pengunjung yang kurang bertanggung jawab membuat Pantai Kuta tidak sebersih yang diharapkan. 



Sebagai alternatif tempat liburan lainnya, Bali ternyata juga memiliki banyak pantai-pantai yang wajib dikunjungi dan masih terjaga kebersihannya. Pantai – pantai yang tersembunyi dan masih sepi wisatawan tersebut diantaranya adalah Pantai Karma Kandara Ungasan, Pantai Balagan, Pantai Geger Nusa Dua, Pantai Pasir Putih Prasi Karangasem, Pantai Pandawa, dan sebagainya. 

Pada artikel ini saya akan membahas lebih lanjut mengenai Pantai Pandawa yang mulai ramai dibicarakan belakangan ini. Surga Tersembunyi Di Pulau Bali Pantai Pandawa Kutuh adalah salah satu surga yang berada di bagian selatan Bali. Perjalanan menuju Pantai Pandawa akan membuat anda terpana melihatnya, terdapat dua tebing kapur sangat besar membelah jalan menuju pantai.


Ketika memasuki kawasan pantai, anda akan disambut oleh Lima Patung Pandawa. Kelima patung panca pandawa tersebut diukir dengan indahnya dan disimpan di dalam tebing-tebing kapur. Hamparan pasir putih yang bertemu dengan paparan sinar matahari sungguh mempesona. Air di pantai ini cukup bersih dan jernih sehingga dapat membuat anda ingin berlama-lama menikmatinya.
 

Waktu Tempuh Ke Pantai Pandawa Waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk mencapai Pantai Pandawa adalah sekitar satu jam dari bandara Ngurah Rai Bali. Ada baiknya anda menyewa kendaraan yang sudah disertai dengan supir untuk meminimalisir terjadinya salah jalan. Anda dapat menginap di hotel atau penginapan yang berada di sekitar Pantai Pandawa
 

Di pantai tersebut terdapat pura Hindu. Pada saat itu masih banyak orang yang bersembahyang. Dahulunya di pantai ini sering diadakan upacara Melasti. Upacara Melasti adalah bagian dari upacara hari raya Nyepi bagi umat Hindu. Pada saat itu umat Hindu bersembahyang di tepi pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu. 

Salah satu yang menarik setiap berkunjung ke pantai di Bali kita bisa melihat langsung betapa kuatnya budaya Hindu dan bagaimana mereka menjaga tradisi tersebut dengan baik. Lewat budaya inilah Bali menjadi tujuan wisata dunia.

Aku Rindu