Apr 21, 2016

Hakikat dan Martabat Wanita



Emansipasi sudah banyak diketahui masyarakat secara luas. Wanita sudah merasakan hak yang sama dengan pria di Indonesia. Berbagai posisi dalam lingkup kerja dikepalai oleh wanita. Hak yang didapatkan dari proses seleksi yang telah diadakan. Tidak sedikit pula yang menyatakan pendapatnya dalam berbagai media. Saat ini pun ada wanita yang maju paling depan disaat wilayah negara kita terinjak ataupun dalam memajukan bidang sosial. 

Harapan pejuang ini terjawab dengan berjalannya waktu yang dirasakan wanita akan kebebasan haknya, kini didapatkan seperti keinginan kartini. Hakikat wanita pada tingkat Doktor dapat kita jumpai diberbagai Instansi. Pada tingkatan institusi banyak wanita yang meraih gelarnya. Prestasi dari luar negeri pun didapatkan wanita – wanita Indonesia. Sebuah jawaban dari keinginan Kartini yang terbelenggu dengan adat jawa. 

Hakikat ini pun tercela dengan wanita yang tidak memanfaatkan potensinya secara maksimal. Seperti halnya wanita yang hanya mampu untuk menjadi penghibur di tempat-tempat hiburan. Hakikat yang dapat menurunkan martabatnya sebagai manusia dan cap rendah yang melekat pada dirinya. Keinginan yang dapat sirna dengan kebebasan yang sudah diluar etika dan moral. 

Selamat hari Kartini untuk wanita-wanita hebat di luar sana, yang sedang berjuang mengejar mimpi juga mempersiapkan diri untuk menjadi istri/ibu yang hebat nantinya..  
Terimakasih atas segala apa yang telah dilakukan dan teruslah berjuang, sebab tangan mu adalah pintu lahirnya generasi hebat berikutnya..

Aku Rindu