Dec 4, 2013

Masa Lalu


Setiap orang pasti memiliki masa lalu. Bahkan bayi yang baru lahir sekalipun, dia punya masa lalu, dimana ia masih menjadi janin.

Masa lalu adalah sebuah bayangan dan sejarah untuk masa kini dan masa yang akan datang, dia merupankan cermin untuk kita dapat belajar dan memandang sebuah realita yang ada saat ini. Namun masa lalu hanyalah masa lalu dia adalah waktu yang telah kita biarkan berlalu dari hidup kita, namun waktu yang telah pergi itu takakan pernah kembali untuk bisa kita jalani lagi. Waktu yang telah berlalu itu akan menjadi sebuah refrensi pembelajaran kita untuk membuat hidup yang kita jalani menjadi lebih baik dan bermakna, tak usah kita tangisi waktu yang telah berlalu itu namun syukurilah atas apa yang telah kita lalui karna baik atau buruk nya sebuah masa lalu kita akan lebih indah bila kita dapat mengerti hikmah yang tersimpan dari baik atau butuk nya masa lalu yang kita telah lalui.

Masa lalu itu beragam bentuknya dan sadar ataupun tidak, pasti meninggalkan bekas, entah luka ataupun kenangan.

Sesuatu yang berbekas, kerap kali sulit untuk dihilangkan, terutama luka. Semakin sakit, biasanya semakin sulit untuk hilang. Kembali pada diri kita masing-masing, bagaimana kamu menghadapinya?

Sesungguhnya kamu merugi jika kau biarkan luka itu kamu anggap aib. Sesuatu yang tak ingin kau usik. Kamu bisa tak mengacuhkannya, tapi sesungguhnya, luka itu masih ada disana, dan dia tidak pergi kemanapun.

Jangan jadikan luka itu sebuah penyesalan, karena sesungguhnya ia berjasa atas kemajuan hidupmu.

Jangan perlakukan ia berbeda, karena sesungguhnya dia masih menjadi bagian dari kehidupanmu.

Lihatlah ia dari sisi yang berbeda, semuanya memang tidak akan sama seperti dulu, namun dengan kehadirannya, sadar atau pun tidak. Luka membuatmu lebih kuat dari sebelumnya.
 
Sebuah masa lalu adalah pengalaman hidup yang sangatlah berharga dan fenomenal, namun jangan terlalu memfokuskan hidup anda pada sebuah pengalaman masalalu itu, karna anda terlahir untuk masa kini dan masa depan, jadi jangan biarkan hidup anda terbelenggu oleh masa lalu. masa kini adalah sebuah realita dan masa depan adalah harapan namun masa lalu adalah sebuah sejarah yang telah lewat.

sikapi dengan bijak tentang arti dari sebuah masa lalu anda, karna masa kini adalah cermin dari apa yang anda lakukan dimasa lalu dan masa depan adalah sebuah refleksi dari apa yang anda lakukan pada masa kini yang sedang anda jalani. yakinlah pada apa yang menurut anda itu baik dan “lakukan segera” dan jangan pernah menunda-nunda pada apa yang menurut anda itu baik dan pantas untuk anda lakukan segera. Ingat “hidup yang kita jalani saat ini terlalu berharga untuk kita terlalu larut dalam penyesalan sebuah waktu yang telah lewat (masa lalu)”, Buatlah hidup yang kita jalani saat ini menjadi lebih berarti dan indah karna masa depan menanti kita untuk memeluk kita dengan pelukan hangat penuh kebahagian, rubahlah hidup kita menjadi lebih berkwalitas dan penuh harapan baru yang dilandaskan dari sebuah pembelajaran dan pengambilan sebuah hikmah yang tersirat dari sebuah kegagalan ataupun keberhasilan kita di masa lalu.

Hargai waktu yang anda miliki dengan bijak.

 

"face it, maybe it’s hard, but trust me it will heal faster than you ignore it"

Aku Rindu